Ini Kata Jaya Suprana di Acara GMRI

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com- Seluruh elemen masyarakat perlu meningkatkan rasa persatuan. Pluralisme merupakan semangat yang harus dipupuk guna meraih cita-cita kemerdekaan yang tertuang dalam UUD1945.

“Gus Dur (Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid) waktu berpesan cintailah tanah, air dan udara di atas segala-galanya,” kata Budayawan Jaya Suprana, saat berbicara pada acara Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI), melalui keterangan resmi, Kamis 29 Oktober 2020.

Menurutnya lagi, pesan itu terungkap saat berbincang dengan Gus Dur usai mengizinkan perayaan Imlek secara terbuka.

Pernyataan itu, kata Jaya, menunjukkan bahwa bangsa ini harus menjaga tradisi dan budaya yang beragam kemajuan bangsa Indonesia.

Semangat pluralisme yang dikobarkan Gus Dur mesti terus dijaga dan menjadi perekat persaudaraan antar anak bangsa. Terlebih jati diri bangsa ini Bhineka Tunggal Ika seharusnya tidak sekedar slogan, tapi tercermin dari sikap dan perilaku.

Pendiri GMRI, Eko Sriyanto Galgendu, menjelaskan, rekonsiliasi merupakan bentuk keinginan bersama dalam persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan mencoba merangkul semua pihak tanpa membeda-bedakan suku, ras atau agamaIa pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan rasa persatuan.

“Krena persatuan menjadi kunci menjaga bangsa Indonesia tetap utuh,” ucapnya. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait