Ini Pernyataan Sikap MARTABAT Tentang Pencegahan Virus Corona di Soloraya

  • Whatsapp

SOLO, BeritaLima.com – Mencermati ratusan orang meninggal dunia yang disebabkan virus Corona di China dan penyebaran virus tersebut di berbagai negara maka diperlukan langkah preventif, protektif dan antisipatif atas penularan dan penyebaran virus tersebut.

Hal itu disampaikan Pimpinan Presidium Martabat, Muhammad Abdullah dalam siaran persnya, Jum’at (31/01/2020).

Sebagai tindakan urgen untuk dan demi kepentingan masyarakat dan keselamatan warga negara
Indonesia, Martabat juga mendesak kepada presiden Jokowi dan Kementerian terkait untuk melakukan hal-hal pencegahan dan antisipasi penyebaran virus Corona tersebut.

“Pertama, melakukan pencegahan dini terhadap barang dan orang yang berpotensi menularkan virus Corona. Kedua, stop impor barang dan segala sesuatu yang berasal dari China,” sebutnya di awal pernyataan sikap Martabat.

Selanjutnya, ketiga, agar melakukan deteksi semua penumpang yang berasal dari China baik di bandara maupun pelabuhan. Kemudian keempat, melakukan pelarangan sementara terhadap turis yang berasal dari China.

“Mendeportasi warga negara asing yang terindikasi terjangkit virus Corona, khususnya dari warga negara China,” sebutnya.

Selanjutnya, pemerintah juga harus melakukan travel warning warga negara Indonesia untuk tujuan ke China. Kemudian melakukan evakuasi terhadap warga negara Indonesia di negara lain khususnya di China.

“Kedelapan, melakukan tindakan medis secara cepat dan tepat untuk pasien warga negara Indonesia yang diduga terjangkit virus Corona,” urainya.

“Dan kesembilan, membentuk satgas khusus tangkal virus Corona di tiap -tiap kota/kabupaten,” demikian tegas Muhammad Abdullah.[Ar]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait