Inilah Strategis Yang Dipakai Kapolres Sumbawa Barat Capai 70 Persen Target Vaksin

  • Whatsapp

Sumbawa Barat NTB.beritalima.com| Dalam mencapai target vaksinasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin,S.IK,.M.IP menggunakan empat strategi yang saat ini terus dilakukan.

Empat strategi itu diungkapkan AKBP Heru Muslimin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/9). Ia mengatakan empat strategi ini saat ini terus dilaksanakan untuk mencapai target vaksinasi sekitar 70 persen dari jumlah sasaran.

“Tentunya secara nasional memang kita menargetkan vaksinasi dengan capaian 70 persen dari sasaran untuk mencapai Kekebalan kelompok (herd immunity). Oleh sebab itu kita terus menggenjot dan gencarkan vaksin ini,” katanya.

Strategi yang dilaksanakan adalah yang pertama strategi antar jemput sasaran. Sasaran atau masyarakat dibawa ke gerai dan diberikan vaksin.

Strategis kedua, Polri mempunyai program vaksinasi berbasis komuniti, yaitu melaksanakan kegiatan vaksin ke sekolah-sekolah. Kemudian ketiga yaitu Vaksinasi berbasis desa.

“Kami sudah berjalan ke desa-desa yang belum tersentuh vaksin, ada beberapa desa yang belum tersentuh vaksin,’ katanya.

Ia meminta kepada masyarakat untuk segera menginformasikan kepada desa atau Bhabinkamtibmas dan Babinsa jika ada satu desa yang belum mendapatkan vaksin, sehingga pihak Polri akan datang untuk memberikan vaksin.

Strategi yang ke empat yaitu penertiban masyarakat di jalan, kami mengimbau warga di jalan untuk melakukan vaksin. Jika belum vaksin akan divaksin langsung di lokasi seperti yang dilakukan di depan Puskesmas Taliwang.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Taliwang, dr Darmawansyah, saat ditemui beberapa waktu lalu, mengatakan, saat ini untuk pelaksanaan vaksin, pihaknya tidak lagi membagi dosis satu atau dua, masyarakat yang datang ke puskesmas untuk vaksin akan disesuaikan dengan kebutuhannya.

“Jika belum vaksin akan divaksin pertama, dan jika vaksin ke dua maka kita akan berikan vaksin dosis dua,” katanya.

Bantuan dari pihak kepolisian sangat membantu, sungguh luarbiasa dan kami mengapresiasi terutama kepada Kapolsek yang tidak ada hentinya berkoordinasi, di luar jam kerja pun siang malam tetap terhubung. “Ini support yang luarbiasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Taliwang juga mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung kegiatan vaksinasi bersama puskesmas Taliwang.

Ia bersama anggota juga terus mendukung vaksinasi yang dilaksanakan di sekolah-sekolah di Sumbawa Barat.

Salah satu warga Kota Baru Taliwang yang menerima vaksinasi, Siti Maesarah, mengatakan, setelah divaksin ia merasa tenang, bahkan ia tidak menyangka bisa menerima vaksinasi karena dalam keadaan hamil.

“Ceritanya saya dari sekolah nyampe sini kena razia dan saya masuk ke sini dan dibimbing sama polisi. Ini vaksin yang pertama karena saya dalam keadaan hamil jadi kemarin saya takut. Nah akhirnya setelah masuk 6 bulan trus vaksin ke sini aman karena ada perawat,” ungkapnya.

Selain Maesarah, salah satu warga Benete, Alimuddin, bersyukur dengan adanya penertiban di jalan ini akan memaksa kita untuk vaksin.

“ Alhamdulillah gak nyangka saya tadi abis belanja tadi kebetulan ada pemeriksaan dan langsung diarahkan vaksin kebetulan ini yang pertama,” katanya.(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait