Inovasi Amak Bhabin Polresta Mataram Membantu Warga di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Mataram NTB – Meski pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Tidak membuat Polresta Mataram berdiam diri untuk memberikan pelayanan dan membantu masyarakat. Inovasi-inovasi baru dihadirkan dengan ide atau gagasan yang lebih segar. Tujuannya tidak lain untuk membantu warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Kini Polresta Mataram memperkenalkan inovasi terbarunya. Inovasi ini disebut Ayo Maju Atasi Korona (Amak) Babin. Ini program yang digagas langsung oleh Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi. Sebutan inovasi ini sengaja diambil dari bahasa lokal. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat mengingat dan menyebut inovasi terbaru Polresta Mataram ini.

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi, inovasi Amak Bhabin adalah salah satu terobosan atau Inovasi Polresta Mataram dalam rangka pencegahan Covid-19. ‘’ Kegiatan ini nanti diawaki oleh Bhabinkamtibmas. Ini terobosan kita dalam rangka pencegahan Covid-19,’’ ungkap Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi.

Di kegiatan ini, Bhabinkamtibmas dipilih satu orang dimasing-masing Kecamatan diwilayah hukum Polresta Mataram. Pengayom masyarakat ini lalu bertugas memberikan bantuan sembako dan kebutuhan lainnya. Bantuan diberikan langsung kepada warga terdampak Covid-19 yang ditemui Bhabinkamtibmas.

Saat bertugas, Bhabinkamtibmas menggunakan kendaraan operasional dengan boks di bagian belakang . Lalu menggunakan rompi khusus bertuliskan Amak Babin yang menjadi ciri khas kegiatan ini. ‘’ Nanti Bhabinkamtibmas menggunakan kendaraan operasionalnya untuk berkeliling di Kecamatan masing-masing,’’ bebernya.

Kendaraan operasional yang dilengkapi box di bagian belakang. Digunakan untuk menaruh dan membawa paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat. Paket juga berisikan masker dan hand sanitizer yang dikemas dalam satu paper bag. Stiker Amak Babin tak ketinggalan dibagikan petugas. ‘’ Bantuan nanti diberikan kepada warga terdampak yang ditemui di jalan,’’ katanya.

Saat berkeliling dan patroli sampai ke wilayah pelosok dimasing-masing Kecamatan. Kapolresta berharap ada warga yang ditemui sampai di daerah terpencil. Lalu mencari warga yang taat dan mematuhi protokol kesehatan. Warga yang patuh langsung diberikan bingkisan bantuan. ‘’ Saya ingin Bhabinkamtibmas tidak hanya tentang memberikan hukuman (punishment) kepada pelanggar. Tapi tugasnya sekarang memberikan hadiah (reward) kepada yang tertib mematuhi prokes,’’ terangnya.

Tidak hanya memberikan bantuan kepada masyarakat. Kegiatan Amak Bhabin juga diisi dengan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan. Berikutnya adalah membagikan sembako dan hand sanitizer. ‘’ Kehadiran Amak Babhin kami harapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Mari bersama-sama kita atasi korona di Kota Mataram,’’ Jelas Kapolresta.

Tak ketinggalan Amak Bhabin diharapkan memberi pemahaman dan informasi tentang lomba Kampung Sehat jilid II yang dilanjutkan Polda NTB.‘’ Tetap disela kegiatannya ada informasi yang diteruskan tentang Lomba Kampung Sehat Jilid II. Lomba ini harus kita sukseskan seperti yang pertama,’’ katanya.(Adbravo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait