Inovasi Juru SDA di Jember, Sulap Saluran Irigasi Jadi Bersih dan Menarik

  • Whatsapp
Saluran irigasi di Desa Kemuning Lor jadi lebih indah dan menarik (beritalima.com/sugik)
Saluran irigasi di Desa Kemuning Lor jadi lebih indah dan menarik (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Inovasi luar biasa ditunjukkan oleh seorang Juru Sumber Daya Air (SDA) di Kabupaten Jember, yang menyulap saluran irigasi menjadi bersih dan menarik.

Juru Sumber Daya Air (SDA) Arjasa, bersama rekan dari Pengamat SDA Patrang Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Jember, mengubah saluran irigasi untuk kelancaran air bagi petani setempat.

Bacaan Lainnya

Dibantu Kepala Dusun Krajan, Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, serta warga sekitar, mengolah aliran sungai menjadi lokasi yang bersih dan menarik.

Selain mengangkat sedimen lumpur yang ada di sungai, juga memberikan warna-warni ditiap-tiap dinding pembatas menggunakan cat.

Terlihat dilokasi, dinding tembok penahan tanah dibibir sungai nampak cerah dengan warna kuning, biru, merah dan sebagainya.

Juru SDA Arjasa, Mohamad Yasin, S.AP menyampaikan, saluran irigasi harus terus dirawat, untuk keberlangsungan para petani.

“Air merupakan komponen penting bagi swasembada pangan, sedangkan irigasi menjadi sarana insfrastruktur untuk menunjang produktifitas pertanian,” katanya, saat dihubungi selulernya, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, perawatan saluran irigasi sudah menjadi bagian tugas dan pekerjaan seorang juru, untuk mengedukasi dan pengawasan di lapangan beserta jajaran di bawahnya.

“Ditengah kemajuan jaman, kita harus berinovasi dan kreatif supaya kerja kita maksimal,” terangnya.

Pada intinya, menurut Alumnus STIA Pembangunan Jember, irigasi partisipatif dengan harapan melibatkan seluruh lapisan masyarakat sekitar, guna membantu pemeliharaan irigasi.

“Kalau salurannya bersih dan bagus, kesadaran masyarakat di dalam rasa kepemilikan terhadap irigasi tinggi dan otomatis ikut menjaga serta memeliharanya,” ungkapnya. (Sug)

beritalima.com

Pos terkait