Jadi Komoditas Unggulan Baru, Mentan Kembali Kunjungi Pabrik Porang di Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Menteri Pertanian (Mentan),H. Syahrul Yasin Limpo, kembali mengunjungi Kabupaten Madiun, Jawa Timur, untuk melihat pabrik porang yang dikelola PT Asia Prima Konjac,di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Jumat 13 Agustus 2021.

Menurut Syahrul, porang menjadi pilihan Presiden Joko Widodo untuk komoditas unggulan baru di Indonesia.

Dalam kunjungan ini, ia didampingi Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, Wabup Hari Wuryanto, dan jajaran eselon I di Kementarian Pertanian.

Kunjungan Mentan RI ini sekaligus untuk persiapan peletakan batu pertama industri lanjutan, yaitu beras Porang.

“Porang menjadi pilihan Presiden sebagai komoditas andalan baru di Indonesia, khususnya dalam rangka membuat alur eksport yang beragam dan lebih optimal ke manca negara,” terang Syahrul.

Porang menjadi komoditas unggulan baru ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, menurut Mentan,Indonesia merupakan negara tropis sehingga sangat spesifik memiliki kemampuan untuk pembudidayaan Porang.

Untuk itu, lanjutnya, Presiden berencana melihat langsung pengolahan Porang di Kabupaten Madiun, maupun proses pascanya ke industri. Dengan harapan memiliki nilai ekonomi tinggi untuk dieksport ke negara negara tertentu dengan licency yang lebih baik.

“Tidak hanya itu, sesuai perintah Pak Presiden, kita harus makan tidak saja beras, namun juga dengan komoditas lainnya seperti beras porang ini. Presiden juga akan datang ke Madiun meski belum pasti jadwalnya,” tambahnya.

Menurutnya lagi, tanggal 14 Agustus 2021, pihaknya akan melakukan merdeka eksport yang akan dilepas serentak di 17 provinsi di seluruh Indonesia dan diikuti kurang lebih 341 kabupaten/kota.

“Jadi Porang ini diminati dunia karena mengandung nutrisi yang bisa dikonsumsi orang diabetes, juga bisa untuk orang yang melakukan diet,” pungkasnya. (Benny /editor: Dibyo).

Syahrul Yasin L (nomor 2 dari kanan), H. Ahmad Dawami (nomor 1 dari kanan) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait