Jajaran Forkopimda Kota Madiun Gelar Rakor Apel Kesiapsiagaan Bencana

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Memasuki musim penghujan 2020, Pemkot Madiun, Jawa Timur, bersama segenap Forkopimda menggelar rapat koordinasi (rakor) kesiapsiagaan, di Pendopo Taman Lalu Lintas Bantaran, Rabu 8 Januari 2020.

Walikota Madiun, H. Maidi, menyampaikan, rakor kesiapsiagaan bencana diperlukan untuk melakukan peninjauan kepada layanan call center 112, serta mengecek sarana dan prasarana penanganan bencana serta bloking area rawan bencana.

“Rakor ini sekaligus untuk menindak lanjuti instruksi dari Kapolri dan Mendagri yang mengimbau agar daerah melakukan penanaman pohon bersama dan menggelar apel bencana. Disini leading sektornya Kodim. Jumat (10/1) mendatang, akan kita gelar dua kegiatan itu,” terang H. Maidi.

Menurutnya, seluruh pihak harus siap siaga dalam menghadapi kondisi apapun yang akan terjadi. Maidi juga menekankan sungai-sungai yang ada di Kota Madiun harus bersih dari sampah, dam-dam yang ada harus lancar aliran air.

“Tak lupa BPBD harus siap siaga jika sewaktu-waktu hujan deras mengguyur kota. Sungai harus bersih. BPBD harus siaga setelah hujan. DAM mana yang penuh segera dicek agar tidak ada air yang menggenang. Kebersihan kota harus kita jaga bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0803 Madiun, Letkol Czi Nur Alam Sucipto, mengatakan, pihaknya akan mengerahkan anggota dalam gelaran apel gabungan kesiapsiagaan bencana. Yakni satu pleton dari Kodim, dua pleton dari Polres dan Brimob, kemudian dari Lanud Iswahjudi, BPBD, Tagana, Dinas Kesehatan, dan masyarakat.

“Setelah apel nanti, seluruh peserta diakomodir untuk sekaligus melaksanakan gladi bersih kesiapsiagaan bencana. Harapannya jika terjadi kondisi kegawatdaruratan kita bisa dengan sigap mengatasinya,” kata Letkol Czi Nur Alam.

Selain jajaran Forkopimda, turut hadir dalam rakor ini diantaranya BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Perkim, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perdagangan, dan Bagian Umum. (Kominfo. Editor: Astono).

H. Maidi (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *