Jalan Berdebu, Warga Terserang ISPA

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Pembangunan Jalan Raya Manyar, Gresik, Jawa Timur yang dikeluhkan warga akibat meningkatnya volume polusi udara, tidak hanya menggangu sektor perekonomian warga Desa Betoyo Kecamatan Manyar (baca, beritalima.com.”Perbaikan Jalan Manyar Lamban, Perekonomian Warga Terganggu”,(22/2/2017).

Warga juga diserang penyakit,inveksi Saluran Pernafasan (ISPA), akibat debu yang menghinggapi wilayahnya

Saat Wartawan, beritalima.com. mendatangi desa tersebut, ada 3 Warga yang sudah mengaku terserang ISPA yakni Yeni,(35) Lukman Hakim, (25)d) dan Laila(45)

“Saya terserang batuk-batuk. Mungkin penyebabnya terkena Debu Jalan Raya. lah wong Maskeran saja bisa tembus” ujar Yeni

Menurut Septi faridah(40) Bidan Dusun Kauman Desa Betoyo mengaku, jika sejak adanya pe tersebut, pasien Ispa di Dusunnya meningkat drastis.dia mengaku tiap hari didatangi warga yang terserang penyakit pernafasan tersebut

” Rata- rata pasien terjangkit ISPA. Meningkatnya pasien itu sejak Jalan Raya Manyar banyak polusi. Kan, ISPA, salah satu penyebabnya karena polusi udara” ujar perempuan yang biasa dipanggil warga ,Ibu Ida, Jumat,(24/2/2017)

Ida mengaku, jika rata- rata pasien yang datang,ke Polindes Dusun, rata-rata 10 sampai 15 orang perhari

“Kasian Mas, warga yang alergi debu, penyakit sesaknya kambuh,” keluhnya

Agar tidak banyak warga yang terinveksi penyakit menular itu, Ida berharap supaya jalan segera di aspal.

Hal itu sangat berdasar, karena jarak Desa Betoyo dan Jalan Raya tersebut memang berdekatan, dan jalan itu akses satu-satunya warga untuk menuju pusat kota, Secara otomatis mau tidak mau, warganya harus melewatinya(Ron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *