Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2 Wabup Sampang, Saya Semakin Percaya Diri

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com | Setelah sebelumnya mendapatkan vaksinasi tahap pertama, kini Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan bersama Forkopimcam Sampang, dan Tokoh Agama serta Kepemudaan mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Puskesmas Kamoning, Kecamatan Sampang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi mengatakan, Manfaat dari vaksin yang paling mendasar adalah sebagai upaya untuk mencegah agar tidak terjangkit penyakit menular. Hal ini karena vaksin dapat memberikan tubuh pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.

“Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi” katanya.

“Selain itu Vaksin juga mengandung virus atau bakteri baik yang masih hidup maupun yang sudah dilemahkan, namun tidak berbahaya, dan malah banyak manfaatnya” timpalnya.

Ditambahkannya, untuk penyuntikan vaksin yang kedua kalinya tersebut merupakan tahapan yang dilakukan setelah penyuntikan pertama pada 14 hari sebelumnya di pendopo Trunojoyo Bupati Sampang. Banyak manfaat yang akan dirasakan dan diterima oleh seseorang yang telah divaksinasi Covid-19.

Diantara manfaatnya ialah, Kekebalan terhadap penyakit menular, Karena sebagai pertahanan dan perlindungan, Melindungi dari resiko kematian dan cacat, Menghemat waktu dan biaya Karena pemberian vaksin merupakan salah satu investasi kesehatan yang paling murah karena terbukti dapat mencegah dan mengurangi angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat suatu penyakit.

“Pemberian vaksin dapat membantu seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan sakit berkepanjangan, yang tak hanya merugikan dari segi finansial namun juga waktu,” jelasnya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menyampaikan bahwa usai divaksin dirinya semakin percaya diri menghadapi Virus Covid-19. Karena menurutnya tidak ada efek samping yang berbahaya, dan mengaku semakin segar.

“Usai di vaksin saya merasakan tubuh semakin bugar dan sampai saat ini tidak ada efek samping yang saya rasakan, malahan dengan menerima vaksinasi tahap kedua ini saya semakin percaya diri untuk berinteraksi dengan siapapun tanpa khawatir dengan virus Corona,” ucapnya.

Di samping itu ketika disuntik Vaksin, dirinya mengaku yakin karena telah ada fatwa MUI kalau Aman dan Halal, dan rasanya seperti digigit semut, tuturnya sambil senyum tertawa.

Sementara itu ungkapan yang sama disampaikan Ketua PCNU Sampang H. Itqon Busiri, ia menyampaikan bahwa dirinya memberanikan diri divaksin karena telah dijamin keamanan dan kehalalannya oleh MUI. Terlebih lagi dirinya sering berhubungan dengan masyarakat dan santri serta para tokoh dalam kesehariannya, sehingga ia merasa wajib untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 tersebut.

“Semoga Pandemi ini segera berakhir, kita himbau juga kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” pesannya.

Untuk diketahui, Pejabat Birokrasi yang pertama kali mendapatkan vaksinasi kedua yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, ia di vaksin bersama Wabup Sampang H.Abdullah Hidayat, Ketua PCNU Sampang H. Itqon Busiri, Tokoh Pemuda Moh. Iqbal Fathoni, Kajari Sampang Maskur, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Sampang Irianto Prijatna Utama, S.H., M.Hum, dan segenap tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Kamoning dan Tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang.(FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait