Jalankan Pertambangan Ramah Lingkungan, PT BSI Dapat Apresiasi Dari Anggota DPR RI

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Komitmen operator tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) dalam menjalankan pertambangan ramah lingkungan mendapat pujian dan apresiasi dari anggota Komisi VII DPR RI, Drs. H. Bambang DH, M.Pd alias Bambang DH. Catatan positif tersebut salah satunya berkat program reklamasi progresif yang dilakukan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Yakni reklasi yang telah dilakukan meski proses pertambangan masih berjalan. Pujian itu dilontarkan saat politisi PDI Perjuangan ini melakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke tambang Tujuh Bukit Operations PT BSI di Desa
Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, 21 September 2023 lalu.

Bacaan Lainnya

Penting untuk digaris bawahi, kinerja lingkungan PT BSI terutama dalam hal reklamasi membuktikan bahwa operator tambang emas tersebut berkomitmen penuh terhadap pengelolaan lingkungannya. Dibuktikan dengan progres reklamasi seluas 67,69 hektar yang dilakukan sejak 2016 sampai dengan Agustus 2023.

PT BSI menerapkan reklamasi progresif yaitu reklamasi yang dilakukan begitum satu area selesai digunakan, tanpa menunggu seluruh operasi tambang selesai dilakukan.

“PT BSI terlihat melakukan reklamasi tanpa menunggu selesainya operasi. Reklamasi dilakukan sekitar Januari 2018, kemudian pada bulan September 2023 kondisi sudah menghijau Kembali. Ini patut diapresiasi,” kata Bambang DH, Senin (25/9/2023).

Komitmen perusahaan untuk memperhatikan faktor keanekaragaman hayati dimana siklus rantai makanan dijaga dengan baik, turut menjadi perhatian Bambang DH.

“Komitmen PT BSI dalam hal pengelolaan lingkungan merupakan ‘Best Practice’ yang dapat ditiru oleh kawasan-kawasan pertambangan lainnya,” tegasnya.

Selain kinerja lingkungan, kepada Bambang DH, Presiden Direktur PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri, juga menjelaskan tentang kontribusi Perusahaan terhadap masyarakat ring satu Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi dan Negara. Disampaikan, total kontribusi berupa Pajak dan Royalti yang dibayarkan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, mulai 2016 hingga Juli 2023 adalah sebesar Rp 4,2 Triliun.

Dijelaskan pula, PT BSI juga memberi kontribusi kepada Masyarakat melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau yang biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR). Program PPM yang dilakukan meliputi delapan pilar. Yaitu pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil, kemandirian ekonomi, sosial dan budaya, kelembagaan masyarakat, infrastruktur, dan lingkungan.

Total realisasi program PPM adalah Rp136,74 Milyar dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (2018-2022).

Keberadaan tambang emas gunung Tumpang Pitu juga membawa imbas terbukanya lapangan kerja yang luas bagi Masyarakat lokal Banyuwangi. Berdasarkan data per Agustus 2023, jumlah karyawan PT BSI dan kontraktor rekanan, sebanyak 3.475 orang.

Dari jumlah tersebut, 2.404 orang karyawan merupakan warga lokal Banyuwangi. Dan 1.503 orang karyawan diantaranya merupakan warga ring satu Kecamatan Pesanggaran.

PT BSI pun bermitra dengan lebih dari 150 pemasok lokal untuk membantu memenuhi kebutuhan operasi tambang. Mulai dari pemasok tenaga kerja, transportasi, pelayanan kesehatan hingga pemenuhan kebutuhan makanan dan minuman untuk dikonsumsi oleh karyawan dengan nilai kontrak mendekati Rp100 miliar.

Mendapat penjabaran serta melihat kondisi lapangan, membuat anggota Komisi VII DPR RI, Bambang DH, makin takjub.

“Kontribusi PT BSI melalui pendapatan negara sejumlah Rp4,2 Triliun sangat luar biasa, demikian juga program-program CSR. Saya juga melihat dukungan dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, yang bagus. Menurut saya yang dilakukan oleh PT BSI sudah bagus,” ungkap Bambang DH.

Sebagai penutup kegiatan kunjungan kerja spesifik ini, rombongan Komisi VII DPR RI, juga melihat proses produksi di pabrik pengolahan atau ADR (Adsorption, Desorption, Recovery).

Untuk diketahui, dalam menyambut kunjungan anggota Komisi VII DPR RI, Bambang DH, Direktur PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri, ditemani Direktur PT BSI, Riyadi Effendi atau Teddy, General Manager of Operations (GMO) PT BSI, Roelly Fransza, Senior Manager External Affairs PT BSI, Bambang Wijonarko, beserta jajaran. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait