Jalur Tripis – Wonosroyo Longsor

oleh -70 views

WONOSOBO, beritalima.com – Beberapa hari lalu terjadi tanah longsor di dusun Tripis RT. 05 RW. 03 desa Watumalang kecamatan Watumalang, tepatnya pada Senin 15 April 2019 sekira pukul 01.00 wib dini hari yang mengakibatkan akses jalan dusun Tripis ke Wonosroyo terganggu.

Kepala desa Tripis Joko dalam keterangannya kepada awak media mengatakan tanah longsor yang terjadi pada beberapa hari lalu sangat memprihatinkan.

“Akibatnya pengguna jalan ini terganggu bila melewatinya.” Katanya.


Diungkapkan kejadian tersebut disebabkan oleh banjir ketika hujan degan intensitas tinggi dan pihaknya telah mengambil langkah-langkah dalam menghadapi peristiwa longsoran.

“Kami dari Pemdes berupaya melakukan musyawarah dengan semua elemen masyarakat dengan bergotong royong sebagai langkah penanggulangan bencana tersebut.” Imbuh Joko. “Itu akan kami prioritaskan dalam perbaikannya.” Pungkasnya.

Dia juga menghimbau kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati.

“Bila melewati jalan ini kami harapkan berhati-hati karena ada kemungkinan terjadi longsor susulan.” Terang Joko.

Terpisah Kasi Trantip kecamatan Watumalang menjelaskan tanah longsor di desa Watumalang itu dikarenakan adanya curah hujan yang tinggi dan kontur tanah liat yang labil sehingga mudah tergerus oleh air dengan volume yang besar.

“Kawasan tersebut merupakan benteng dari dusun Tripis, tidak menutup kemungkinan jika kawasan tersebut tergerus terus maka kejadian tanah retak seperti tahun lampau yang terjadi di dusun ini bisa terjadi lagi. ” tutur Oni.

“Saya berpesan kepada masyarakat desa Watumalang harus selalu waspada dan tetap berhati – hati ketika melintas jalan yang rawan longsor apalagi saat ini curah hujan intensinya masih tinggi.” Pesan Kasi Trantib ini. (Budi)