Jangan Stres, AHPC Sediakan Sobat Happy & Healthy

  • Whatsapp

Caption:
Prof Dr M Hadi Subhan SH MH CN Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) Universitas Airlangga (Unair).

SURABAYA, beritalima.com|
Banyak permasalahan yang kerap terjadi pada mahasiswa. Tak sedikit, itu berdampak pada terhambatnya proses belajar, menurunkan kesehatan fisik, bahkan mengganggu kesehatan mental mereka.

Menyadari hal itu, Airlangga Health Promotion Center (AHPC) Unair meluncurkan modul panduan bagi mahasiswa untuk memperbaiki kualitas hidup serta menciptakan kampus yang sehat.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga (UNAIR) Prof Dr M Hadi Subhan SH MH CN meresmikan langsung modul Sobat Happy & Healthy (SOBY) tersebut pada Sabtu.

Menjadi Seorang Pendengar
Peresmian modul itu sekaligus membuka Training of Trainer SOBY. Prof Hadi menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali mahasiswa yang stress. Banyak di antara mereka memerlukan bantuan dan medium untuk mendengarkan keluh kesahnya. Prof Hadi sangat mendukung adanya modul SOBY.

“SOBY ini masuk kategori pengabdian masyarakat. Tujuannya untuk membantu sesama mahasiswa yang lagi stress dan SOBY sangat membantu sebagai teman ngobrol, sekadar curhat dan tempat untuk dapat didengar,” ucapnya.

“Didengarkan dan mendengarkan unek-unek merupakan suatu bentuk terapi tersendiri bagi setiap orang. Makanya SOBY menjadi sangat penting untuk mahasiswa,” ujarnya.

Prof Hadi menyatakan bahwa modul tersebut akan menjadi panduan mahasiswa Unair. Khususnya untuk dapat menciptakan Unair menjadi kampus yang sehat.

“Saat pasca-pendemi kita perlu happy & healthy. Modul ini sangat kami dukung karena bermanfaat bagi mahasiswa. Untuk itu, saya resmikan modul Sobat Happy and Healthy,” pungkasnya.

Unair Menuju Kampus Happy & Healthy

Modul Sobat Happy & healthy merupakan modul dari Airlangga Health Promotion Center (AHPC) Unair. Tujuannya, untuk menjadi panduan bagaimana bagi seluruh mahasiswa Unair menciptakan kampus yang sehat.

Modul tersebut berisi keterampilan komukasi efektif, peer educator, zero tolerance-merokok, manajemen diri, emerging adulthood, kesehatan jiwa, psilogical first aid, NAPZA, pelecehan dan kekerasan seksual, serta kesehatan fisik secara umum. Modul itu tidak hanya berisi materi. Tapi, juga terdapat latihan untuk memperkuat serta sebagai bentuk pengimplementasian materi.

Saat ini modul SOBY masih berbentuk E-Book. Harapannya, seluruh mahasiswa dapat mempelajari serta memanfaatkan modul tersebut dengan sebaik-baiknya. Terutama dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan kampus untuk menciptakan kampus yang sehat. (Yul)

Caption 1: Prof Dr M Hadi Subhan SH MH CN Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) Universitas Airlangga (UNAIR) dalam peresmian Modul Sobat Happy & Healthy di Zoom Meeting pada Sabtu (4/3/2023) (Foto: Rima)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait