Jatim Kembali Jadi Nominasi Lomba 10 Program Pokok PKK

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Porv Jatim Hj Nina Soekarwo foto bersama dengan Tim Verifikator TP PKK Pusat terkait penilaian lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Nasional th 2016 di VVIP Room Juanda

Jatim kembali masuk menjadi nominasi dalam Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Nasional. Tidak sungkan-sungkan empat kategori yang diikutkan dan telah terverifikasi yakni  kategori Tertib Administrasi diikuti oleh Kab. Jember, kategori Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) diikuti oleh Kab. Ngawi, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) diikuti oleh  Kab. Pacitan dan kategori Tanaman Obat Kelaurga (TOGA) diikuti oleh Kota Malang.

“Melalui lomba tersebut, diharapkan ikut menyadarkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” Demikian disampaikan Ketua TP PKK Jatim, Dra. Nina Soekarwo saat menerima kunjungan tim verifikasi lapangan Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Nasional Tahun 2016 di VVIP Room Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Senin(5/9).

Menurutnya, hal ini merupakan suatu prestasi luar biasa. TP PKK Jatim bisa menjadi seperti ini karena ada sinergitas antara provinsi, Kabupaten Kota dan Dasa Wisma yang selalu melakukan pembinaan dan memonitoring evaluasi secara berkelanjutan. “Kunci utama adalah sinergitas yang terjalin,” ungkap Bude Karwo sapaan akrab Ketua TP PKK Jatim.

Target pada tahun ini adalah memenangkan keempat kategori yang diikuti. Akan tetapi kemenangan bukan tujuan akhir, keuntungan dari mengikuti lomba ini adalah adanya partisipasi aktif oleh masyarakat dalam melakukan 10 program pokok PKK.”Keikutsertaan tersebut membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejateraan masyarakat apabila dilakukan dengan baik. Sejauh ini kinerja TP PKK Jatim sangat baik. Pada tahun sebelumnya  TP PKK Jatim meraih juara umum pada lomba yang sama.” jelasnya.

Buda Karwo menuturkan, dengan adanya peninjauan langsung oleh Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Nasional Tahun 2016 menjadi motivasi bagi daerah. TP PKK yang ada didaerah akan merasa senang. “Kehadiran tim tersebut akan menjadi semangat bagi provinsi dan Kabupaten kota agar melaksanakan program kerja PKK bukan hanya saat ada lomba saja, tapi dalam kehidupan sehari-hari juga,” tambahnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Tim Verifikasi Lapangan Lomba 10 Program Pokok PKK, Dr. Hj Nursilah Tabrani menuturkan kriteria penilaian lomba ini dilihat dari  dukungan dari pemerintah seperti kebijakan yang diberikan oleh pemerintah dalam memberikan dukungan kegiatan sesuai dengan bidang yang diperlombakan.”Sebagai contoh apabila ada kekerasan rumah tangga maka akan langsung ditanganai dan ada kepedulian dari masyarakat dan pemerintah. Sedangkan untuk pemanfaatan hasil obat keluarga, hasilnya apa sudah digunakan untuk pencegahan awal,” ujarnya.(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *