Jazizul: Nusantara Mengaji Lahirkan Generasi Milenial Pecinta dan Seniman Alquran

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Setelah melalui seleksi, dari 537 santri dan santriwati yang ikut berpartisipasi dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Virtual 2020 yang digelar Nusantara Mengaji terpilih 12 qari–qariah terbaik dari seluruh Tanah Air.

Untuk kategori Putra, juara diraih Muhammad Rizqon (Kalimantan Selatan), posisi berikutnya ditempati Muhammad Affandi (Sulawesi Selatan) disusul Muhtarom (Jawa Tengah), Ahmad Azroi Hasibuan )Sumatera Utara) meraih posisi harapan I dan Usman Syukur Bainsyah (NTT/harapan II), Wildan (Jabar) menempati harapan III.

Untuk kategori Putri, Juara diraih Yanti Susanti (Jakarta), Rohmaniah dari Sumatera Selatan meraih posisi kedua dan Siti Muzayyanah (Banten) pada tempat berikutnya, sedangkan Harapan 1 diraih Syarah Yunita (Papua Barat, Laily Rizqi Amalia (Jawa Timur) untuk harapan II dan Ama Faridatul Husna Jamil juga dari Jawa Timur untuk harapan ketiga.

Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Dr H Jazilul Fawaid mengatakan, di Bulan Ramadhan ini Nusantara Mengaji melahirkan generasi milenial pecinta dan seniman pelantun Al-quran yang berkualitas. Pihaknya akan terus menggelar kegiatan serupa untuk melahirkan generasi pecinta dan seniman pelantun Al-quran berkualitas.‎

“Semoga ke depannya ketika pandemi ini sudah berakhir, kami dapat menyelenggarakannya secara meriah. Seleksi melalui virtual sedangkan final dipusatkan di Jakarta,” kata Jazizul dalam keterangan pers kepada awak media, Selasa (26/5).

Jazilul yang merupakan Wakil Ketua MPR RI ini juga berharap, dengan semakin luasnya generasi milenial yang mengenal seni membaca Alquran maka kecintaan mereka terhadap Alquran akan semakin terpupuk.

“Cinta dan dekatnya seseorang kepada Alquran akan menghaluskan hati dan pemikiran. Sehingga negara dan bangsa ini dibangun oleh generasi yang moderat, cinta NKRI, dan antiradikal” ujar Jazil yang juga Wakil Ketua Umum DPP PKB.

Inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar yang menutup MTQ Virtual itu mengucapkan syukur atas terselenggaranya acara ini dengan baik. “Di tengah kondisi wabah Covid-19, kita diwajibkan tetap berkegiatan di rumah. Nusantara Mengaji dapat memeriahkan Ramadhan dengan menggaungkan lantunan-lantunan indah ayat Alquran melalui media Youtube Nusantara Mengaji TV,” urai dia.

Muhaimin yang juga Ketua Umum DPP PKB ini mengucapkan selamat bagi para juara dan finalis. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para qari-qariah yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan syiar Ramadhan yang diselenggarakan Nusantara Mengaji.

“Kami bangga dengan atensi dan semangat yang begitu besar dari para qari-qariah generasi milenial di penjuru Nusantara dalam mencintai seni bacaan Alquran melalui kompetisi tilawah ini,” kata politikus yang akrab disapa Gus Ami ini.

Selain itu, ucapan terima kasih kepada dewan hakim yang turut mensukseskan MTQ Virtual Nusantara Mengaji atas penilaiannya yang dinilai objektif, penuh kehati-hatian, dan tidak sembarangan.

“Tidak mudah memberikan penilaian karena didasarkan pada kesempurnaan tajwid, kesesuaian dan variasi lagu, serta keindahan suara yang kesemuanya disesuaikan aturan-aturan dalam membaca Alquran al-Karim. Terima kasih Pak Jazil, kepada semua panitia,‎” demikian Muhaimin Iskandar. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait