Jelang Hari Raya, Khofifah dan Gus Ipul Kompak Cek Harga Sembako di Pasar Besar Pasuruan

  • Whatsapp

PASURUAN, beritalima.com- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, meninjau sejumlah pasar untuk memantau stabilitas harga dan mendengarkan keluhan dari pedagang pasar.

Kali ini, bersama Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Khofifah kompak melakukan pemantauan dan peninjauan pasar di Pasar Besar Kota Pasuruan, Minggu 9 Mei 2021.

Di pasar ini, Khofifah dan Gus Ipul sapaan akrab keduanya itu, langsung berkeliling dan berinteraksi dengan para pedagang.

Ia mengatakan, sampai saat ini stok logistik dan sembako dalam posisi aman dan untuk harga relatif stabil kecui daging ayam sedikit ada kenaikan meski tidak tinggi. Harga jenis bahan pokok seperti gula, beras, minyak, telur dan daging cenderung stabil. Berbeda dengan harga komoditi seperti daging ayam dalam dua hari ini mengalami kenaikan tapi tidak terlalu tinggi.

“Sejauh ini harga untuk daging relatif stabil, kecuali Daging Ayam yang mengalami sedikit kenaikan. Ini akan sangat membantu bagi ibu-ibu rumah tangga karena bahan pangan pokok tersedia cukupnaman dengan harga yang stabil untuk Idul Fitri,” ungkap Khofifah.

Gubernur mengapresiasi Kota Pasuruan yang telah membuat aplikasi tentang kepastian harga yang dipajang di sudut pasar. Sehingga memudahkan masyarakat untuk memantau jumlah harga.

“Kita bisa lihat ada runing text yang bisa memudahkan mengetahui berapa harga jika ingin membeli telur berapa. Lewat proses digitalisasi sistem, masyarakat bisa mendapatkan kepastian harga. Begitu juga kepada pedagang harus sesuai dengan harga yang di publish. Tidak bisa karena permintaan tinggi harga dinaikkan dan sebagainya,” tegasnya.

Sementara itu, trend perkembangan harga barang kebutuhan Pokok di Jatim sampai dengan bulan Mei 2021 menunjukan kondisi yang mengalami Fluktuasi. Berdasarkan data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Barang Kebutuhan Pokok (Siskaperbapo) per 8 Mei 2021 Jatim yang diperoleh dari 116 Pasar Rakyat di seluruh Jatim, sejumlah komoditas di Bulan Mei yang mengalami penurunan harga antara lain untuk, Cabai Keriting Rata-Rata Jatim sebesar Rp. 36.402,-/kg (Turun 22,6 %), Cabai Merah Besar Rp. 37.401,-/kg ( Turun 22,77), Cabai Rawit Merah Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 46.463,-/kg ( Turun 19,6%).

Sedangkan komoditas Telur ayam, Daging ayam dan daging sapi, Telur Ayam Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 21.901,-/kg ( Turun 3,8 % ), Daging Ayam Broiler Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 35.678,-/kg ( Turun 2,7 % ) dan Daging Sapi Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 110.504,-/kg ( Turun 0,85%).

Tak hanya meninjau harga kebutuhan pokok yang ada di pasar, Khofifah juga akan memberikan bantuan keuangan untuk renovasi infrastruktur di Pasar Besar Kota Pasuruan yang sumber dananya melalui APBD Provinsi.

“Insya Allah kita akan support bantuan keuangan untuk renovasi sebagian pasar disini,” ucapnya.

Dirinya menyatakan, bahwa proyek renovasi pasar ini akan masuk dalam prioritas APBD Pemprov Jatim. Hal ini diutarakan Gubernur Khofifah setelah berkeliling langsung melihat kondisi pasar. Oleh sebab itu, dirinya memerintahkan Plh Sekretaris Daerah Prov. Jatim Heru Tjahjono untuk melihat kemampuan anggaran yang ada di Jawa Timur.

“Tadi saya sudah melihat di titik mana, sesuai dengan kapasitas fiskal, saya rasa ini kategori prioritas,” tegasnya.

Menyambut bantuan yang diberikan oleh Pemprov Jatim itu, Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Khofifah. Dirinya menyebut ada empat Pasar yang memang membutuhkan perbaikan infrastruktur di wilayahnya.

Dengan adanya bantuan tersebut, dirinya berharap bisa menjadi stimulus penyemangat bagi Pemkot Pasuruan dalam mewujudkan layanan publik yang nyaman bagi masyarakat.

“Ini juga merupakan salah satu pasar yang padat pengunjung, terutama di hari-hari tertentu. Tadi juga sudah disaksikan sendiri oleh Ibu Gubernur ada beberapa infrastruktur kita yang perlu direnovasi. Alhamdulillah, terima kasih Ibu Gubernur,” tuturnya.

“Melalui kunjungan ini, harapannya bisa memberikan support bagi kami agar lebih semangat untuk memperbaiki pasar ini,” tutupnya. (Red).

beritalima.com

Pos terkait