Jelang HUT, Pemkab Sidoarjo Ziarah ke Makam Sesepuh

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com – Menjelang peringatan HUT Kabupaten Sidoarjo ke 159, pejabat Pemkab Sidoarjo ziarah ke makam mantan Bupati Sidoarjo, tujuannya adalah untuk mengenang jasa dan perjuangan para Bupati Sidoarjo yang telah mengabdikan dirinya membangun Sidoarjo.

Mengawali ziarah untuk mengenang jasa-jasa mantan Bupati Sidoarjo terdahulu dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidoarjo. Di TMP tersebut almarhum mantan Bupati Sidoarjo R. Suriadi Kertosuprojo disemayamkan. Sebelum ziarah dilakukan, upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan dilakukan. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memimpin jalannya upacara tersebut. Usai upacara dilanjutkan tabur bunga dimakam mantan Bupati Sidoarjo R. Suriadi Kertosuprojo.

Bacaan Lainnya

R Suriadi Kertosuprojo pernah memimpin Kabupaten Sidoarjo di tahun 1950 sampai tahun 1958. “Ziarah ke makam mantan bupati Sidoarjo merupakan tradisi tahunan menjelang HUT ,” Abah Saiful sapaan akrab Bupati Sidoarjo , kamis (25/1). Tradisi ziarah ke mantan Bupati ini berujuan agar pejabat bisa tahu siapa saja yang pernah menjadi bupati Sidoarjo. Selain pejabat pemkab, ziarah juga diikuti Kapolres Sidoarjo dan forpimda lainnya.

“Ziarah ini memiliki makna nilai historis yang luhur dengan kita ziarah ke mantan Bupati maka kita bisa merasakan bagaimana beratnya membangun Sidoarjo pada periode awal, salah satu peninggalan yang hingga kini bisa kita lihat adalah berdirinya Masjid Agung Sidoarjo dibangun tahun 1895 yang diprakarsai oleh Raden Adipati Panji Tjondronegoro I yang menjabat tahun 1882 – 1906” tutur Abah Saiful.

Rombongan ziarah di bagi tiga rombongan. Rombongan pertama yang dipimpin Bupati Sidoarjo bergerak menuju makam Bupati pertama Sidoarjo RT.Notopuro. Bupati yang bergelar RTP. Tjokronegoro I tersebut dimakamkan di makam Asri Ing Pendhem yang berada di belakang Masjid Agung Sidoarjo. Dimakam yang sama, Bupati Sidoarjo bersama para pejabatnya juga berziarah ke makam bupati ketiga Sidoarjo R.P. Sumodiredjo.

Usai ziarah ke makam Asri Hing Pendhem, rombongan bupati ziarah kemakam Tjondronegoro. Dimakam tersebut terdapat makam bupati R.A.A.P. Tjondronegoro I serta R.A.A. Tjondronegoro II danR.A.A. Soejadi.

Kemudian rombongan ziarah menuju makam Rekso Praloyo. Dimakam yang bersebelahan dengan makam Asri Ing Pendhem tersebut terdapat makam bupati Sidoarjo Kolonel. Polisi. H. Soewandi.

Usai berziarah kemakam bupati Sidoarjo yang berada di Sidoarjo, rombongan bergerak ke makam Boto Putih Surabaya. Di makam tersebut, bupati Sidoarjo ke dua, Kanjeng Djimad Djokomono di makamkan. Bupati Sidoarjo yang bergelar R.T.A.A Tjokronegoro II tersebut merupakan kakak kandung bupati Sidoarjo pertama.

Ditempat terpisah, rombongan kedua berziarah keTMP Suropati Malang. Di makam tersebut disemayamkan mantan bupati Sidoarjo, Brigjen Pol.Purn. H.R. Soedarsono yang wafat tanggal 4 November 2008. Beberapa pejabat Sidoarjo langsung bergerak ke Kota Malang. Sampai TMP Suropati Malang, doa bersama ditujukan kepada arwah bupati yang pernah memimpin Kabupaten Sidoarjo di tahun 1965 sampai tahun 1975 tersebut.

Sedangkan rombongan ketiga menuju makam Islam Jetis Sidoarjo. Di makam tersebut Bupati Sidoarjo H. A. Chudlori Amir di makamkan.

Usai ziarah ke makam bupati yang wafat tahun 2002, rombongan bergerak menuju makam bupati Sidoarjo R. H. Samadikoen. Bupati yang pernah memimpin Kabupaten Sidoarjo di tahun 1959 sampai tahun 1964 tersebut dimakamkan di Dusun Pandan, Mojosari-Mojokerto. (Kominfo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *