Jelang Ramadan, Ansor Wonocolo Konsisten Lestarikan Tradisi NU

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Seperti tahun-tahun sebelumnya, PAC GP Ansor Wonocolo Kota Surabaya yang diketuai Gus Mas’ud yang sekaligus Pengasuh PP Darul Arqam, melakukan rangkaian kegiatan sebagai bentuk melestarikan tradisi NU jelang Ramadan.

Bertajuk Semarak Bulan Ramadan 1444 H, PAC GP Ansor Wonocolo lakukan beberapa agenda, diantaranya adalah bersih-bersih makam dan ziarah Tokoh NU Wonocolo, Baksos dan Bagi-bagi Takjil, Tadarus Al-Qur’an, Buka Bersama, dan diakhiri Halal bi Halal setelah Ramadan usai.

Dimulai pada Minggu (19/03), Gus Mas’ud dan pengurusnya melakukan bersih-bersih makam Wonocolo sekaligus ziarah pada Tokoh NU, diantaranya makam KH. Masykur Hasyim.

“Kegiatan seperti ini merupakan bentuk usaha kami sebagai kader muda NU, untuk tetap melestarikan budaya NU dan sekaligus menghormati datangnya bulan suci Ramadan,” jelas Magister Pendidikan tersebut.

KH. Masykur Hasyim sendiri, merupakan tokoh Nahdliyyin yang pernah menjadi Komandan Banser Jawa Timur dan juga Ketua GP Ansor Kota Surabaya. Wafat pada 2 April 2020, KH Masykur Hasyim merupakan pria kelahiran Pasuruan. Dalam hidupnya, kakak ipar Gubernur Khofifah dan juga ayahanda dari aktivis perempuan Lia Istifhama, dikenang sebagai singa podium.

“Siapapun yang mengetahui sejarah perkembangan NU di era orde baru, pasti pernah mendengar istilah singa podium yang sangat melekat pada beliau. Banyak kisah yang saya dengar tentang beliau dari para senior saya, banyak yang kagum dengan kegarangan beliau,” tambahnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait