Jelang Wukuf di Arofah, Ini Yang Dilakukan Jamaah Calon Haji Asal Sumenep

  • Whatsapp
Manasik dipimpin langsung oleh KH. Azadi

Mekkah, beritalima.com| dua hari sebelum melaksanakan wukuf di Arofah, jamaah calon haji sub kloter 6 yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arraudah kabupaten Sumenep Madura gelar manasik di hotel Manazel Al Marjana Mekkah pada Rabu 7 Agustus 2019.

Acara yang dipimpin langsung oleh KH. Azadi tersebut diawali dengan pembacaan Al Fatihah dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin bersama sama dengan 115 jamaah calon haji yang ikut dalam KBIH Arraudah.

Dalam pengarahannya pembimbing KBIH Arraudah KH.Azadi berharap kepada semua jamaah agar betul betul menjaga kesehatan, karena ibadah haji merupakan ibadah fisik yang membutuhkan stamina yang bagus.

“Jarak antara tenda ke tempat pelontaran sejauh 3.5 kilometer .Jadi pulang pergi kita akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 7 kilometer dengan berjalan kaki. Kalau badan tidak fit, kita akan kesulitan berjalan sejauh itu, ” ujar Azadi.

Karena akan selalu berpindah tempat dari Arofah ke Muzdalifah dan dilanjutkan ke Mina, jamaah Arraudah disarankan agar tidak terlalu banyak bawa baju.

“Cukup bawa dua setel baju saja dimasukkan ke dalam tas ransel kecil biar kalau berjalan kaki nanti badan kita lebih lincah tidak ribet dengan barang bawaan, ” harapnya.

Menurutnya jamaah haji yang ada di maktab 27 akan mulai bergerak ke Arofah pada hari Jum’at tgl 9 Agustus dan diperkirakan akan kembali lagi ke hotel pada hari senin tgl 12 Agustus 2019.

Mengingat ada jamaah lansia dan membutuhkan kursi roda , KH Azadi berharap kepada semua jamaah agar saling bantu membantu antar jamaah.

“Saya berharap kepada jamaah yang masih muda dan kuat agar mau membantu jamaah yang kurang sehat dan sudah tua,” pungkasnya.

Usai acara manasik, dilanjutkan dengan acara makan bersama dengan menu khas masakan arab.

(Fach)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *