Kabar Gembira, PT BSI Kembali Luncurkan Program BeaSiswa

  • Whatsapp

BANYUWANGI – Kabar gembira bagi generasi muda atau kaum milenial Banyuwangi, Jawa Timur, yang hendak melanjutkan study ke jenjang perguruan tinggi. Karena ditahun 2024 ini, tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) kembali meluncurkan 80 program beasiswa untuk jenjang Strata 1 (S1), Diploma 4 (D4) dan Diploma 3 (D3) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Berminat?. Caranya gampang. Klik informasi lengkapnya di laman https://beasiswabsi.merdekacoppergold.com. Menariknya, program dari anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG) ini wabil khusus hanya untuk masyarakat Banyuwangi saja. Dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Domisili.

Bacaan Lainnya

“Pendaftaran dibuka mulai 15 Juni-15 Juli 2024,” kata Community Empowerment Superintendent PT BSI, Amirrul Darmawan, Kamis (27/6/2024).

Wawan, panggilan akrab Amirrul Darmawan menegaskan, program beasiswa ini tidak berlaku bagi anggota keluarga yang tercatat dalam satu KK dengan karyawan atau kontraktor rekanan PT BSI.

Bagi mereka yang lolos seleksi, akan menerima pembiayaan pendidikan selama enam semester untuk program D3. Delapan semester untuk program S1 dan D4). Perusahaan tidak membiayai mahasiswa yang masa kuliahnya molor.

Dijabarkan, beasiswa PT BSI diberikan sejak awal semester sampai lulus, bagi siswa yang telah lolos seleksi jalur prestasi dan tes tulis di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sebagai tambahan informasi, program beasiswa tambang emas di Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, ini dimulai sejak 2014 lalu. Dari tahun ke tahun jumlah penerima beasiswa terus ditingkatkan. Hingga 2023, PT BSI telah mengeluarkan program beasiswa untuk 710 penerima.

“Program beasiswa PT BSI merupakan salah satu implementasi program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) sesuai dengan Kepmen ESDM 1824 K/30/MEM/2018 dengan sasaran siswa lulusan SMA atau sederajat di sekitar wilayah operasi perusahaan,” beber Wawan.

Dengan adanya program beasiswa, diharapkan kehadiran perusahaan mampu berkontribusi nyata terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Khususnya diwilayah ring satu Kecamatan Pesanggaran dan Kabupaten Banyuwangi.

Penting diketahui, wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG) tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi produksi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Banyuwangi.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI terus menancapkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM terus digelontorkan dengan 8 program utama. Meliputi program bidang pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, pembentukan lembaga komunitas dan infrastruktur. (Bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait