Kadisdukcapil Sukabumi Selalu Benahi Sistem Pelayanan E KTP

  • Whatsapp

SUKABUMI, beritalima.com| Pengabdian dan pelayanan patut diapresiasi selama memimpin dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Sukabumi, yang selalu berusaha optimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal itu memang merupakan tantangan yang begitu berat apalagi bagi tingkat untuk mobilitas tingkat penduduk yang sangat tinggi .

Yang pada saat ini disdukcapil terkendala terkait blangko KTP, contoh untuk disdukcapil Sukabumi itu sendiri ada 45.642 warga yang sudah merekam warga ke pendudukan. Akan tetapi E- KTP nya diperkirakan belum dicetak dikarenakan terkait dengan adanya kebijakan cetak dan sistem kuota blangko E-ktp yang saat ini dipegang oleh pusat.

Sehingga kebutuhan blangko E-ktp dalam satu bulan hanya mendapat kuota 500 keping blangko dari 45 ribu suket pemohon yang siap di cetak E-ktp.

“Tentunya dalam hal ini harus dicarikan solusinya dikarenakan, kami juga harus mengedepankan kebutuhan warga pemohon yang sifatnya khusus contohnya warga yang sakit untuk pengobatan warga miskin dan hal lainnya,” ujar Sofyan Effendy Kepala disdukcapil Sukabumi kepada wartawan.

Pada saat ini kemampuan cetak E-ktp di kabupaten tidak bisa dibandingkan dengan kota, dikarenakan untuk sukabumi sendiri jumlahnya mencapai 300 ribu lebih untuk kabupaten wajib ktpnya mencapai 1,8 juta, sebagai mana diatur oleh PP No 96 tahun 2018 memberikan kemudahan dan sudah sangat disederhanakan tidak sama seperti dulu. Jikalau untuk semua data sudah terdata dalam basis data kependudukan yang disiapkan datanya oleh pusat.

Setiap orang membuat Ktp atau pemohon sangat sederhana dan tinggal bawa kk saja datang ke UPTD atau ke kantor disduk capil sesuai jarak terdekat, dikarenakan saat ini di 47 kecamatan sudah dibekali alat perekam ada 11 kecamatan yang di fasilitasi alat cetak.

“Selama saya mengabdi menjadi kadisdukcapil Sukabumi selalu berusaha membenahi sistem manajemen pelayanan publik dan untuk kedepannya kembali disdukcapil, dapat dijadikan contoh pelayanan terbaik. Dan untuk pelayanan kepada masyarakat mengupayakan dan mengoptimalkan kepengurusan dengan memberikan pelayanan adminduk 1 hari selesai,” tandasnya. [Andi]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *