KAI Resmikan Peluncuran KA Argo Semeru

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sebanyak 435 pelanggan KA mengukir sejarah. Mereka naik KA Argo Semeru yang baru pertama dioperasikan, Kamis (1/6/2023).

Para penumpang pertama KA Argo Semeru tujuan Gambir ini, dari Stasiun Surabaya Gubeng diberangkatkan oleh Direktur Keselamatan dan Keamanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Sandry Pasambuna.

Bahkan, seremonial launching KA Argo Semeru ini juga dihadiri sejumlah pejabat, diantaranya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Dr. Nyono ST dan Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Piek Budyakto SH MH.

Sesuai jadwal keberangkatan, tepat pukul 09.05, KA Argo Semeru diberangkatkan dari stasiun di wilayah Daop 8 ini. Dalam perjalanannya KA Argo Semeru berhenti di stasiun kota besar yang dilewati, diantaranya Stasiun Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon dan Stasiun Gambir dengan waktu tempuh 10 jam 35 menit.

Peresmian peluncuran KA baru ini juga dilakukan di 3 stasiun lain, yakni di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Jember, hari ini.

Sandry Pasambuna mengatakan, peluncuran KA Argo Semeru ini merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berlaku mulai 1 Juni 2023 juga.

Pengoperasian KA Argo Semeru merupakan alternatif perjalanan bagi masyarakat dengan relasi Surabaya Gubeng – Gambir lewat jalur selatan pada pagi hari yang sebelumnya tidak ada.

Nama KA Argo Semeru terinspirasi dari gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan harapan dapat meningkatkan animo pelanggan setinggi-tingginya.

Setiap hari KA ini terdiri dari 9 kereta kelas eksekutif dengan total kapasitas sebanyak 450 tempat duduk. Dengan sebanyak 435 pelanggan di perjalanan perdananya, berarti 96% tempat duduk terisi.

Disampaikan pula, pada tahap awal selama Juni 2023 ini tarif KA Argo Semeru adalah tarif promo, Rp250.000,-. Bulan depan, kata Sandry, tarifnya akan disesuaikan.

Sandri menambahkan, dengan pengoperasian kereta api baru ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dalam daya dukung kebangkitan ekonomi pasca pandemi, sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat. (Gan)

Teks Foto: Direktur PT KAI Sandry Pasambuna (dua dari kanan) saat meresmikan peluncuran KA Argo Semeru di Stasiun Surabaya Gubeng, Kamis (1/6/2023).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait