Kantor Imigrasi Surabaya Serahkan Tersangka WNA Penyelundupan Manusia ke Polda NTT

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com — Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Jawa Timur berhasil menangkap Habibur Rahman, warga Bangladesh, yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) terkait kasus penyelundupan manusia ke Australia.

Tersangka WNA ini telah diserahkan ke Polda NTT untuk diproses hukum.

Penyerahan tersangka dilakukan saat jumpa pers di Lobby Polda NTT, Jumat (17/5/2024).

Acara jumpa pers dipimpin Wakapolda NTT Brigjen Pol. Awi Setiyono, didampingi Irwasda Polda NTT Kombes Pol. I Made Sunarta, Dirreskrimum Kombes Pol Patar Silalahi, dan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy.

Turut hadir Dirwasdakim Ditjen Imigrasi Saffar Muhammad Godam, Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana Dominika Jone, dan Kakanimsus Surabaya Ramdhani.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa Handphone, Sim C Indonesia, Ipad merk Apple, Tas Ransel Warna Hitam, Paspor Bangladesh, Kartu Identitas, Kartu ATM warna biru, Buku Medical Record, dan beberapa surat penting lainnya.

Awi Setiyono, kasus ini berawal dari penangkapan Imam Santoso dan Immanuel Hartoyo beserta lima WNA di SPBU Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kabupaten Kupang pada 4 Agustus 2023.

Kelima WNA tersebut terdiri dari Pankas Kumar (India), Mohammad Shajahan, Mohammad Masud Rana, Mohammad Nur (Bangladesh), dan Mohd Sangir Alam (Myanmar).

“Dari penangkapan tersebut, kami mendapatkan informasi mengenai keterlibatan agen di Surabaya, yaitu VDV dan Sajib, yang saat ini masih buron”, kata Awi Setiyono.

Berdasarkan Laporan Polisi LP/A/8/VIII/2023 tanggal 5 Agustus 2023, pihak imigrasi Surabaya berhasil mengamankan Habibur Rahman pada 8 Mei 2024.

Habibur Rahman kemudian diserahkan ke Polda NTT untuk proses hukum lebih lanjut.

Menurut Brigjen Pol. Awi Setiyono, para pelaku menggunakan TikTok untuk merekrut korban dengan iming-iming pekerjaan di Australia. Korban diminta membayar sejumlah uang untuk proses penyelundupan.

“Jalur pertama melibatkan Pankas Kumar yang melalui India, Bali, Surabaya, dan Kupang dengan biaya 2 ribu dolar Australia”, katanya.

“Jalur kedua melibatkan tiga warga Bangladesh dan satu warga Myanmar yang direkrut oleh agen Akash di Malaysia, yang bekerja sama dengan agen Vika di Surabaya. Mereka diminta membayar 30.000 Ringgit Malaysia untuk perjalanan mereka”, tambahnya.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 120 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, yang mengancam hukuman penjara minimal lima tahun dan maksimal 15 tahun, serta denda antara Rp 500.000.000 hingga Rp 1.500.000.000.

Sementara itu, Dirwasdakim Ditjen Imigrasi Saffar Muhammad Godam menyatakan, Pada 8 Mei 2024, kami berhasil mengamankan Habibur Rahman yang merupakan DPO Polda NTT dan Australia Federal Police (AFP).

“Ini merupakan wujud sinergitas kami dalam penegakan hukum, dan kami telah menyerahkan tersangka kepada Polda NTT untuk diproses secara hukum”, ungkapnya.

Diketahui kasus ini melibatkan tujuh tersangka yang mana tiga diantaranya Muhammad Ryan Firmansyah, Emmanuel Hartojo, Imam Santoso sudah disidangkan dan mendapat putusan sidang selama 7 tahun kurungan penjara, putusan itu pada tanggal 6 mei 2024 lalu.

Selanjutnya satu tersangka Habibur Rahman, saat ini masih di proses dan dua lainnya masih DPO yakni S, dan VDV.

Penangkapan ini menunjukkan komitmen kuat dari Polda NTT dan pihak terkait dalam memberantas kejahatan penyelundupan manusia yang melibatkan jaringan internasional.

Proses hukum terhadap Habibur Rahman dan upaya penangkapan terhadap pelaku lain yang masih buron terus dilakukan demi menegakkan keadilan dan keamanan di wilayah NTT dan Indonesia. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait