Kantor Pertanahan Touna Kembali Memaparkan Pencapaian Program Strategis Nasional

  • Whatsapp

AMPANA – Dalam rangka memaparkan Pencapaian Program Strategis Nasional (PSN) tahun 2023, Kantor Pertanahan Kabupaten Touna gelar konferensi Pers, bertempat di ruang Rapat Kantor Bupati, Jumat 18/8/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin Kepala Kantor Pertanahan Touna, Siswoyo, S.ST, MAP didampingi KTU Fatmawati serta Pejabat Struktural Akbar Sapto Rakhmadi Indra Dewa, Masdin dan Imran.

Dalam penyampaian Kepala Kantor Pertanahan Touna, Siswoyo mengatakan bahwa Kantor Pertanahan Kabupaten Touna untuk Program Strategis Nasional (PSN) yang diberikan Kementrian ada PTSL, Redistribusi Tanah dan Lintas Sektoral.

“Untuk PTSL ada tiga desa untuk penerbitan peta bidang tanah yaitu Desa Sumoli, Desa Mantangisi dan Desa Borone yang saat ini sedang dilakukan pengukuran, ” kata Siswoyo.

Menurut Siswoyo, dari total luas tiga desa tersebut pencapaian sampai dengan satu semester ini sudah 30 persen. Untuk penerbitan sertifikatnya sejumlah 500 dari jumlah total 1.900 capaiannya baru 27 persen dan berproses terus.

Untuk redistribusi dari total 750, pihaknya sudah mengerjakan 433 jadi kurang lebih 50 persen. Kemudian untuk Lintas Sektoral target sebanyak 50 bidang, pihaknya sudah melakukan pengukuran di dua desa yaitu Desa Tombiano dan Bambalo.

“Ada 13 bidang di Desa Tombiano dan 37 bidang di Desa Bambalo dan saat ini juga sedang dalam proses penerbitan sertifikat, kami optimis sampai dengan Bulan Oktober atau November 2023 pencapaian 3 program PSN tersebut sudah capai 100 persen,”jelasnya.

Dikatakannya ,untuk Program Pemberdayaan, pihaknya telah melakukan di beberapa Desa sesuai dengan tahapan-tahapannya.

Begitu juga terkait Sengketa Konflik dan Perkara, target ada 3 perkara yang saat ini sedang dalam proses di pengadilan.

“Terkait pengadaan tanah, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada BPKAD, Bapperida dan PUPRPKPP untuk menyatukan satu visi dan misi. Hal ini bertujuan apabila Pemda mau melakukan pembebasan tanah jadi kami satu presepsi,”tuturnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait