Kapolres Bersama Puluhan Seniman dan Komunitas Melukis Dijalananan Untuk Kebangsaan

  • Whatsapp

SITUBONDO, Beritalima.com – Seni memang bisa mempersatu, berbagai macam seni bisa dituangkan oleh siapapun dan dimanapun hingga membuat banyak orang terpesona salah satunya seni lukis.

Pada pukul 22.00 sekelompok seniman lukis berkumpul di ruas jalan perkotaan, tepatnya di Jl. Irian jaya Kota Situbondo Jawa Timur dengan pengawalan kepolisian dengan sangat lihai mencorat – coret menuangkan ide, jalanan yang awalnya hanya lalu lalang kendaraan bermotor, seketika berubah menjadi ajang Street art.

Ditengah – tengah Para seniman Situbondo terlihat sosok yang tidak asing bagi masyarakat Situbondo yaitu Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono,SH,SIK,M.Sc (Eng) bersama petinggi jajaran Polres lainnya berbaur dengan masyarakat dan seniman.

“Ide awal adanya street art ini, dari kami dan Bapak Bupati Situbondo dalam rangka menyambut Kemerdekaan RI ke-72, Tujuannya memberikan sesuatu yang unik tapi bermanfaat bagi masyarakat dan memiliki nilai seni tinggi, muncullah ide mewarnai di jalan ruas dalam kota, mungkin ini pertama kali di Situbondo bahkan bisa juga yang pertama di Indonesia,” Ujar Kapolres yang sempat melukis motif burung merak. Rabu malam (2/8).

Dipilihnya tempat sepanjang ruas jalan Irian Jaya, menurut Kapolres Situbondo karena berbagai alasan, salah satunya adalan disepanjang jalan sekitar 900 meter tersebut terdapat berbagai suku, agama dan golongan, sehingga street art itu sendiri mengambil tema “Seni Kebangsaan ” yang menampilkan beberapa lukisan bernuansa ke Bhinnekaan.

“Pro dan kontra pasti tetap ada, selama proses pengerjaan, jalan tetap untuk pengguna jalan dengan satu jalur, bahkan parkir kendaraan yang ingi kepertokoan tempatnya tetap di sediakan jadi tidak mengganggu penggua dan kendaraan yang melintas, kedepannya sepanjang jalan ini akan kita pakai untuk carnaval atau perayaan lainnya sehingga tidak monoton di alun-alun, rencana besok hari minggu pagi kami akan libatkan dari beberaoa sekolah untuk ikut berkreasi,”Tukas Sigit yang juga mengatakan untuk pengaturan jalan sudah berkolaborasi dengan Pemda melalui Dishub Situbondo.

Masyarakat yang tinggal di sekitar jalan Irian jaya tersebut menyambut baik kegiatan yang dilakukan Pemda dan Kapolres Situbondo, Hal itu disampaikan oleh Linda indrawati sebagai Ketua Komunitas Tionghoa Situbondo dengan harapan natinya hasil karya dari berbagai seniman dan masyarakat mampu menjadi Icon baru wisata di Situbondo selain untuk simbol kebangsaan.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, ini kami buktikan dengan seluruh cat dan keperluan lainnya hasil dari swadaya semua warga disini, kami juga berharap hasil dari kegiatan yang tertuang dalam media lukisan tiga dimensi, mural, dan grafiti bisa menjadi identitas tersendiri bagi Kabupaten Situbondo,”Ujar Linda.

Bukan hanya jalan aspal sepanjang jalan Irian Jaya yang akan jadi tarian kanvas seniman tapi Harmonika toko, tembok kosong hingga ruang atau gedung di atas pertokoan dan rumah wargapun nantinya akan dijadikan Pilot project jalan kebangsaan melalui seni lukis.(Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *