KASAL Pimpin Peringatan HUT Ke-71 TNI AL DI Cilangkap

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin  Upacara Peringatan HUT ke-71 TNI Angkatan Laut, di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, (13/09).

Upacara yang dilaksanakan di lapangan apel Mabesal, Cilangkap tersebut dilaksanakan secara sederhana namun khidmat, dan diikuti oleh seluruh personel Mabesal, baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI Angkatan Laut yang berdinas di jajaran Mabesal. Upacara peringatan HUT ke-71 TNI Angkatan Laut secara serentak juga digelar oleh satuan-satuan TNI Angkatan Laut diseluruh Indonesia.

Dalam amanatnya, Kasal menyampaikan bahwa sejarah telah mencatat kontribusi TNI Angkatan Laut dalam mewujudkan tujuan nasional di bidang pertahanan. TNI Angkatan Laut berperan sebagai komponen utama pertahanan laut dan berfungsi sebagai penangkal, penindak dan pemulih agar  pembangunan nasional terbebas dari ancaman, tantangan, gangguan dan hambatan.

Perkembangan kemaritiman indonesia saat ini  memasuki babak baru dengan hadirnya pemerintah yang memiliki keinginan kuat untuk menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia. Gagasan ini tidak hanya ditujukan untuk mewujudkan ketahanan nasional tetapi juga ketahanan regional dan global.

Pada aspek organisasi, TNI Angkatan Laut juga tengah melaksanakan validasi organisasi yang telah disetujui yakni pembentukan Spotmar dan Disopslatal, serta perubahan nomenklatur Kobangdikal menjadi Kodiklatal dan Dishidros menjadi Pushidrosal. Sedangkan dalam jangka panjang, telah direncanakan pembentukan komando Armada RI dengan tiga armada. Marinir juga akan ditambah dengan membentuk Pasmar-3.

Diharapkan upaya – upaya tersebut akan memudahkan penguatan pertahanan maritim Indonesia dan akan menunjang keberhasilan pembangunan sektor kelautan untuk tercapainya indonesia yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam budaya. dedy mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *