KASN: Cermati Politisasi Birokrasi

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Para Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Kementerian Pertanian telah memenuhi panggilan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait pemakaian seragam dan atribut yang terafiliasi salah satu partai politik. Kejadian berlangsung saat perayaan hari ulang tahun parpol tersebut pada 11 November 2021 lalu.

Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto, selaku Ketua Tim Pemeriksa menyebut seluruh pejabat yang diduga terlibat telah diperiksa . Pemeriksaan dilakukan secara maraton tiga hari untuk menggali dan meminta penjelasan dari para pihak yang terlibat. Tasdik mengatakan, tim pemeriksa KASN telah menganalisis seluruh hasil berita acara pemeriksaan.

KASN segera mengirim rekomendasi kepada Menteri Pertanian selaku Pejabat Pembina Kepegawaian namun apabila tidak diindahkan, selanjutnya akan dilaporkan kepada Presiden.

Kemudian terkait sanksi, Ketua Tim Pemeriksaan itu menegaskan akan menerapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tim kami bekerja secara objektif menangani kasus ini. Jika terbukti melanggar ketentuan, setiap ASN tentu harus secara ksatria menerima sanksi atas kesalahan yang diperbuat.”

Sementara itu, Ketua KASN Agus Pramusinto menambahkan, kasus yang terjadi pada ASN Kementan menunjukkan fakta politisasi birokrasi masih terus terjadi. Hal ini berpotensi mengganggu netralitas ASN menuju Pemilu 2024.

“Presiden selaku pemegang kekuasaan tertinggi pembinaan ASN agar mencermati potensi politisasi ASN oleh para pejabat politik dalam birokrasi”, tambah Agus.

Tanpa pemberian sanksi yang tegas terhadap pejabat politik yang memimpin birokrasi, dikhawatirkan politisasi ASN akan makin meningkat (Humas/KASN/Pathuroni Alprian)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait