Keluarga Prof. Mahfud MD Bantah Berita Viral Keturunan Aryo Omong Koro

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima – Viralnya foto seorang berpakaian ningrat yang diklaim sebagai Aryo Omong Koro dan dalam foto tersebut berisi penjelasan bahwa Prof. Mahfud MD merupakan keturunan Aryo Omong Koro bangsawan asal Bangkalan Madura.

Firmansyah Ali yang juga masih keponakan dari Prof. Mahfud MD membantah kabar tersebut, berikut isi bantahan dan klarfikasinya :

Pertama, Pak Mahfud MD sama sekali tidak ada darah Bangkalan, pak Mahfud MD total orang pamekasan yang numpang lahir di Sampang. Jadi kalau di Bangkalan memang pernah ada tokoh bernama Aryo Among Koro antara tahun 1874 s/d tahun 1906, dipastikan itu bukan nenek moyang Prof Mahfud MD. Itupun kalau benar ada tokoh tersebut, jangan-jangan keberadaan dan kisah tentang tokoh tersebut juga hoax?, sebab banyak orang bangkalan tidak kenal dan tidak tau.

Kedua, dari jalur ayahandanya, Mahfud MD bin Mahmoddin bin Hasyim dan terus ke atas merupakan orang biasa, bukan tentara belanda atau Ningrat Bangkalan. Mahmoddin ayahandanya adalah petani yang kemudian jadi PNS. Sedangkan Hasyim kakeknya adalah petani sambil ngajar ngaji.

Ketiga, Prof Mahfud dari jalur ibu adalah keturunan Bhujuk Abdul Qidam Sumenep alias Pangeran Pandiyan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan para bangsawan Bangkalan waktu itu.

Memang pada masa pra kemerdekaan RI, beberapa pribumi Hindia Belanda alias inlanders bergabung menjadi tentara Hindia Belanda alias KNIL, tentu saja termasuk sebagian orang madura bergabung kedalamnya dan disebut Barisan Madura. Pasca Kemerdekaan tepatnya pada periode Republik Indonesia Serikat, Belanda membentuk Pasukan Cakra, yang terdiri dari pribumi madura, namun setelah Negara Madura bubar, pasukan ini justeru menjadi pejuang negara semua, termasuk ikut memadamkan pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS).

Namun baik Barisan Madura maupun Pasukan Cakra di atas, sama sekali tidak ada satupun yang nenek moyang Prof Mahfud MD.

Pihak-pihak yang menyebar hoax tentang Mahfud MD keturunan Aryo Omong Koro semoga segera diberi hidayah oleh Allah, bertaubat atas dosa besarnya menyebarkan fitnah yang keji.

Beritalima.com juga berusaha melakukan penelusuran biografi Prof. Mahfud MD melalui Google dan Wikipedia, namun juga tidak mendapatkan referensi tentang sosok Aryo Omong Koro tersebut. (ik)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *