Keluarkan Biaya Jutaan Rupiah, 10 Bulan Prona Belum Jadi

  • Whatsapp
JAKARTA, Beritalima.com-

WARGA Kelurahan Rorotan, Cilincing Jakarta Utara keluhkan program Prona dari Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Utara. Pasalnya hingga saat ini serfitikat dari pengajuan prona bulan maret 2016 hingga saat ini belum di terima warga (Belum jadi).
“Dari bulan maret 2016 lalu kami sudah menyerahkan berkas pengurusan serfitikat untuk program prona kepada ketua RT 10/06, namun sampai saat ini belum juga jadi,” keluh seorang warga RT 10/06, Kelurahan Rorotan yang minta namanya tidak disebutkan kepada Beritalima.com di Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (04/01/2017).
Menurut dia, pengurusan prona setiap warga di haruskan membayar jasa sebesar lima juta rupiah per sertifikat yang diberikan kepada pengurus RT dan pembayaran uang jasa tersebut tanpa ada kwitansi dari pihak RT maupun RW setempat, Padahal ketika penyuluhan kepada warga tidak di pungut biaya alias gratis.
“Setahu saya ada 50 warga yang mengajukan prona untuk RW 06, Kelurahan Rorotan dan warga juga selain membayar uang jasa juga sudah membayar BPHTP sebesar 3 juta lebih sesuai rincian dari pengurus RT,” tambahnya.
Sementara itu Tuhu Endarto Bagian Pengukuran Kantor BPN Jakarta Utara membantah adanya biaya yang harus di keluarkan warga. “Program prona tersebut semua gratis hanya BPHTB saja yang bayar,”jelasnya kepada beritalima.com dikantornya, Rabu (04/01/2017).
Ia mengatakan seluruh sertifikat prona di wilayah Jakarta Utara sudah selesai akan tetapi beberapa sertifikat belum di berikan ke warga karena pemberian sertifikat tersebut bertahap ke tiap-tiap wilayah/Kelurahan dan akan di berikan secara langsung kepada pemilik sertifikat tanah. “Lebih jelasnya berapa jumlah prona 2016 dan kapan di berikan ke warga coba tanyakan  ke Pak Hot ketua Panitia Prona Kantor BPN Jakut,” kata Tuhu.
Namun ketika beritalima.com ingin mengkonfirmasi kepada Ketua Panitia Prona pak Hot tidak berada di kantornya.”Pak hot sedang keluar pak,” ujar salah satu pegawai Kantor BPN Jakarta Utara kepada beritalima.com singkat. (Edi)
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *