Kelurahan Menala Tindaklanjuti Program Pemda STBM dan Nilai Lomba Poskampling

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com| Indikator keberhasilan pembangunan suatu daerah, salah satunya dapat dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat membantu pemerintah dalam membangun lingkungannya. Terlebih, untuk suatu kawasan yang dikenal memiliki angka partisipasi yang rendah.

Namun hal tersebut sepertinya tidak berlaku di Kabupaten Sumbawa Barat. Di bumi ‘ Gotong Royong ‘ ini, angka partisipasi dan kesadaran masyarakat membangun wilayahnya terbilang cukup tinggi.
Realita tersebut tampak saat Wakapolres Sumbawa Barat, Camat Taliwang dan Lurah Menala Kecamatan Taliwang, hadir dalam Apel Poskamling dalam giat dimulainya penilaian, Lomba Poskamling, Lomba Lingkungan Bersih dan Lomba Dasa Wisma tingkat RT Kelurahan Menala yang dilaksanakan di Lapangan Gembira Kelurahan Menala Taliwang, Jumat, 26 Agustus 2022

Wakapolres Sumbawa Barat, Kompol Jamaluddin, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan rasa kagum dan apresiasi atas kekompakan seluruh Ketua RT Kelurahan Menala dalam memberdayakan dan menumbuh-kembangkan kepedulian masyarakat menjaga lingkungannya.

β€œIni adalah inovasi luar biasa yang dihasilkan dari kekompakan Ibu Lurah bersama seluruh Ketua RT di Kelurahan Menala. Luar biasa karena untuk ukuran RT, semangat dan kepedulian masyarakat untuk menjaga lingkungannya masing-masing sangat kompak. Di wilayah lainnya, semangat kebersamaan menjaga lingkungan seperti ini sudah mulai memudar,” sebutnya.

Wakapolres pun berharap kreatifitas yang lahir dari Kelurahan Menala ini dapat menginspirasi kelurahan lain di Kabupaten Sumbawa Barat.

β€œ Di KSB ini memiliki 7 Kelurahan dan ratusan RT, akan sangat luar biasa jika seluruh RT mulai mengaktifkan poskamling di lingkungannya. Aparat keamanan TNI/Polri akan sangat terbantu dalam hal pengamanan. Kondusivitas wilayahpun akan senantiasa terjaga,” cetus Wakapolres

Sementara itu, Lurah Menala, Wiwik Sudiarti, SE, mengatakan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di wilayahnya cukup baik. Hal ini tentunya menjadi suatu kebanggaan karena memiliki kaitan erat dengan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang dicanangkan Pemerintah.

Ia berharap lomba ini menjadi motivasi bagi seluruh Ketua RT dan masyarakat dalam menggalakkan kebersihan lingkungan yang dimulai dari kebersihan rumah tangga dan lingkungan secara luas.

” Membersihkan lingkungan merupakan kewajiban bersama seluruh warga, karena manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat. Lingkungan yang bersih, akan berdampak terhadap kesehatan dan kenyamanan warga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
Ini akan terus kita lanjutkan, walaupun perlombaan sudah usai,” ungkapnya.

Apel yang turut dihadiri juga oleh Danramil Taliwang, Kapolsek Taliwang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PKK Kelurahan Menala, Tokoh masyarakat dan seluruh Ketua RT se-Kelurahan Menala tersebut, merupakan bentuk partisipasi masyarakat yang tinggi terhadap kegiatan yang dilaksanakan.

Adapun kategori penilaian juara Poskamling terbaik adalah berdasarkan bentuk Poskamling, kelengkapan sarana dan prasarana, kerapihan administrasi, dan kekompakan warga dalam mendukung kegiatan kamtibmas di wilayahnya. Begitupun dalam hal penilaian lingkungan bersih dan Dasa Wisma dinilai berdasarkan kretaria yang sudah ditetapkan tim penilai.

” Untuk tim penilainya sendiri terdiri dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Tim Penggerak PKK dan unsur lainnya,” demikian Wiwik. (Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait