Kemenag Sidoarjo, Manasik Haji CJH

  • Whatsapp

SIDOARJO,berita Lima.com- Calon Jamaah Haji (CJH) Sidoarjo, Jawa Timur dengan jumlah 3027 peserta mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji tahun 2017, di Hotel Sun City Sidoarjo. Kegiatan yang dihadiri Bupati Sidoarjo Saiful Ilah ini diselengarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidoarjo,(kamis,06/07/2017).

Bupati Sidoarjo Aba Ipul panggilan akrab Saiful Ilah mengucapkan selamat pada CJH yang selama dua hari ini melaksanakan bimbingan manasik haji dan insakallah akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

“saya berpesan kepada para jamaah asal Sidoarjo pertama menjaga nama baik bangsa, karena beliau-beliau (CJH) ini adalah duta bangsa. Yang kedua menjaga kondisi di Tanah Suci supaya bisa secara khusuk dan sempurna melaksanakan Ibadah haji,” ujar Aba Ipul.

Kegiatan bimbingan manasik haji selama dua hari Rabu dan Kamis yang diselengarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, menghadirkan moderator Rochati, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, memberikan materi bimbingan tentang kesehatan.

Dasar penyelengaraan kesehatan haji diatur dalam Undang-Undang no.13 tahun 2008, bab III pasal 6 yang mengatakan Pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji akomodasi, transportasi Pelayanan Kesehatan, keamanan dan hal-hal yang diperlukan jamaah haji.

Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh Kemenag Sidoarjo, H. Rohmad Nasruddin mengatakan kegiatan manasik haji ini sebagai bagian dari pembekalan terhadap jamaah haji. Diharapkan para CJH mengetahui proses perhajian mulai dari tanah air, hingga di tanah Haramain.

“Pembekalan ini ada tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan. Untuk tingkat Kabupaten dilakukan 2 kali dan untuk tingkat kecamatan dilakukan sebanyak enam kali,” ujar Nasruddin.

Ditambahkan mantan Kasi Penma Kemenag Sidoarjo adalah Syarat haji ada istitha’ah (kemampuan) kemampuan tidak hanya financial, mental dan kesehatan. Karena pelaksanaan ibadah haji memerlukan waktu relatif lama 40 hari berada di tanah Haramain dengan cuaca yang berbeda, situasi yang berbeda maka perlu adanya ketahanan tubuh fisik yang kuat maka pembekalan tentang kesehatan bagian yang disampaikan pada waktu manasik hari ini,pungkasnya(kus).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *