KEMENKES RI Sumbawa Barat NTB Satu-Satunya Kabupaten Di Indonesia Yang Tuntas 5 Pilar STBM

  • Whatsapp

Sumbawa Barat NTB.beritalima.com|
Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) deklarasi sukses menuntaskan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ) maka Kabupaten Sumbawa Barat adalah satu–satunya Kabupaten yang sudah tuntas STBM di Indonesia. Hal ini dikatakan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melalui Telecomfren secara Virtual pada Deklarasi Kabupaten Tuntas 5 Pilar STBM yang di Pusatkan diaula Hanipati Kabupaten Sumbawa Barat , NTB.Pada kamis (19/08/21).

Hadir dalam acara tersebut secara Virtual Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif H Sandiaga Salahudin Uno. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ketua Umum AKKOPSI dr H Syarif Pasha, Wakil Gubernur NTB Dr. HJ.Siti Romi Jalilah. Ketua Pokja Penilai STBM Provinsi NTB.

Menkes RI Budi Gunadi sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat yang Sukses menuntaskan 5 Pilar STBM, kesuksesan ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, terutama kehadiran para Agen Gotong Royong melalui Program PDPGR yang sudah diperdakan , hal ini menunjukan Komitmen Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam memerangi Pandemi Covid-19 melalui STBM, ” Sesuai Permenkes No. 3 Tahun 2014, ”5 Pilar STBM” meliputi: (1) Stop Buang Air Besar Sembarangan,(2) Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), (3) Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), (4) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan (5) Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga, sehingga Kabupaten Sumbawa Barat Satu-Satunya Kabupaten di Indonesia sukses menuntaskan 5 PILAR STBM ” Aplaus Menteri.

Tuntas Pilar 4 dan 5 Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat telah berhasil dilaksanakan.Hasil Tim Verifikasi Pilar 4 dan 5 STBM Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan kunjungan kerja pada Jum’at (09/07/2021).Dalam rangka memverifikasi kegiatan penuntasan Pilar 4 (Pengelolaan Sampah Rumah Tangga) dan Pilar 5 (Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga) STBM di Kabupaten Sumbawa Barat, menyatakan bahwa Kabupaten Sumbawa Barat Sudah Layak Mendapatkan Sertifikat Tuntas 5 Pilar STBM.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM , dalam Sambutannya bahwa upaya menuntaskan pilar-pilar STBM tidak semudah membangun infrastruktur. Penuntasan ke-5 pilar STBM merupakan hal yang sangat sulit dilakukan dan tidak semua kabupaten yang bisa berhasil tuntas 100%. “Alhamdulillah KSB ini bisa menuntaskan 3 Pilar STBM 100%. Mudah-mudahan dengan tuntasnya 5 pilar STBM, Kabupaten Sumbawa Barat menjadi Kabupaten Pradaban.

H Firin,mengungkapkan bahwa sejak tahun 2017 KSB telah dinyatakan sebagai Kabupaten ODF (Open Defecation Free), hal tersebut mampu dituntaskan pada program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat tahun 2016. Oleh sebab itu tekad pemerintah untuk menuntaskan semua pilar STBM semakin kuat. “Menuntaskan pilar-pilar STBM sama dengan kita membangun peradaban. Ini membangun karakter, membangun kebiasaan bukanlah hal yang mudah dan sederhana. STBM ini sangat penting.Saya lebih fokus kepada keberlangsungannya nanti. Jadi diawal ini tidak ada uang sepeserpun dari APBD untuk dilakukan STBM ini. Kita harus membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan melalui pilar-pilar STBM, kemudian khusus untuk Pilar 4 dan Pilar 5 ini Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Tidak Tetap menjadi ujung tombak di lapangan. Saya berharap, peradaban yang kita impikan insya allah akan tercapai”, jelas Bupati.

Menteri Parawisata Ekonomi Kratif H Sandiaga Salahudin Uno, juga sangat mengapresiasi atas capaian keberhasilan Kabupaten Sumbawa Barat dalam menuntaskan 5 Pilar STBM, ” atas capaian ini saya akan hadir pada Pergelaran Festival Taliwang jilid 2 pada November mendatang tepatnya Harla KSB ” janji menteri nama akrab disapa Sandi

Selain itu juga Sandi mengatakan, di kabupaten Sumbawa Barat dikenal berbagai kuliner dan budaya, sehingga kuliner ayam bakar Taliwang sudah dikenal di tingkat nasional.

Sementara Wakil Gubenur NTB Dr Hj Siti Romi Jalilah, sangat mengapresiasi atas keberhasilan Kabupaten Sumbawa Barat dalam menuntaskan 5 pilar STBM, ” terus menjaga kwalitas hidup, sehingga dapat menjadi contoh yang baik ” pesan Wabub NTB ini secara Virtual

Hj Siti Romi pun, merasa bangga dengan KSB sebagai kabupaten pertama tuntas STBM, pencapaian itu sangat luar biasa dan itu tidak gampang, keberhasilan ini tidak terlepas kerja keras semua pihak ” saya juga mengaprediasi para Agen gotong royong yang dibentuk sebagai motor penggerak pembangunan di KSB ” Kata Hj Romi. (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait