Kementerian PU Rehab 280 Unit Rumah Di Kobakma

  • Whatsapp

Jayapura, Berita lima.com – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tahun ini mengalokasikan program rehab atau bedah rumah sebanyak 280 unit di Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah.

“Memang untuk rehab anggaran yang diberikan per satu unit rumah hanya Rp30 juta dari dana APBN. Sehingga kemuungkinan dananya dialokasikan untuk membeli tripleks. Intinya bedah rumah untuk yang tidak layak sehingga dikerjakan supaya menjadi layak huni,”kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Papua Daud Ngabalin, di Jayapura, kemarin

Melalui program rehab rumah tersebut, ia berharap masyarakat setempat dapat menerima dengan baik. Sebab pelaksanaannya membutuhkan partisipasi masyarakat.

“Intinya program bedah rumah ini termasuk juga yang model adat seperti honay. Yang jelas kalau kriterianya adalah rumah tidak layak dan tak sehat, bisa direhab namun tanpa merubah kultur yang ada”.

“Sebenarnya permintaan masyarakat di Kobakma adalah membangun rumah baru. Sayangnya ketidakmampuan pembiayaan pada akhirnya hanya disepakati dengan pelaksanaan rehab rumah saja. Meski begitu, diharapkan program rehab tersebut mampu dimaksimalkan untuk masyarakat setempat,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah provinsi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengklaim telah membangun 77 unit rumah sejak tahun 2014 – 2016 di Kobakma, Mamberamo Tengah.

Sementara Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal dalam program kerja 2013 – 2018 menargetkan pembangunan 13 ribu rumah sehat sederhana.

Dari target itu, sampai dengan 2017 ini, telah berhasil dibangun 12.690 rumah. Sehingga pada tahun ini, Pemprov diyakini tinggal membangun 1377 unit untuk mencapai target membangun 13 unit rumah di Papua. (Hms)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *