Kepedulian Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Darmo Pada Anak Jalanan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Kepedulian terhadap anak-anak kurang beruntung ditunjukkan karyawan/karyawati BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Para pegawai pimpinan Dani Santoso ini dengan sukarela mengumpulkan sebagian gaji mereka untuk belanja alat-alat sekolah buat anak-anak jalanan.

Dengan kemasan acara buka puasa bersama, program ‘employee volunteering’ itu mereka lakukan di tempat belajar anak jalanan Sanggar Alang-Alang, Jalan Joyoboyo, Surabaya, Senin (20/6/2016)

Sekitar 60 anak jalanan mengikuti acara yang dihadiri Ketua Sanggar Alang-Alang, Didit HP, dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Dani Santoso. Pegawai BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo juga banyak yang hadir.

Acara tersebut diawali dengan pitutur Mbah Didit HP. Sembari diselingi lagu-lagu Islami yang dibawakan Group Musik Akustik Alang-Alang Yunior, Didit mengatakan, beginilah cara anak jalanan belajar di Sanggar Alang-Alang. Mereka belajar tidak hanya dengan buku, tapi lewat lagu-lagu dan kaligrafi.

Didit ungkapkan, anak-anak jalanan ini mayoritas memang masih punya orangtua, tapi golongan tidak mampu. Orangtua mereka ada yang pedagang kakilima, sopir angkot, petugas kebersihan, dan pengamen, yang umumnya tinggal di bekas stasiun trem dan terminal Joyoboyo, serta Pasar Wonokromo.

Anak-anak ini banyak yang kritis. Acara yang rencananya tidak ada sesion tanya jawab, tapi akhirnya ada pemaparan dari Indra Gunawan selaku Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo mengenai manfaat BPJS Ketenagakerjaan, ya karena ada pertanyaan dari beberapa anak ini.

Ada yang menanyakan, apa sih gunanya BPJS Ketenagakerjaan? Terus, ada juga yang bertanya, jenis pekerjaan apa saja yang bisa ikut BPJS Ketenagakerjaan?

Acara tersebut, sebelum diakhiri dengan buka puasa bersama, dilakukan penyerahan bingkisan berupa alat-alat sekolah buat anak-anak jalanan itu, yang diwakili Didit HP dari Dani Santoso.

Dani menuturkan, bingkisan yang diserahkan buat anak-anak ini murni dari sebagian gaji para karyawan/karyawati BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo. Sambil berpesan agar anak-anak tetap semangat belajar hingga sukses, Dani berjanji Ramadhan tahun depan akan kembali datang untuk memberikan bingkisan yang lebih besar.

Didit HP menyampaikan banyak terimakasih atas kepedulian ini. Dia juga mengaku baru memahami dan tertarik manfaat program-program BPJS Ketenagakerjaan. Dia mengatakan, jika para pekerja yang lain sangat membutuhkan perlindungan jaminan BPJS Ketenagakerjaan, apalagi orangtua anak-anak jalanan ini.

Untuk itu, Didit menyatakan, akan ikut mendorong para orangtua anak-anak jalanan ini untuk daftar sebagai peserta informal BPJS Ketenagakerjaan. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Dani Santoso, saat silaturahmi di Sanggar Alang-Alang Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *