Keterlibatan Warga Dalam Survey Geologi PT BSI Terus Bertambah

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Jumlah warga yang bergabung dalam Tim Survey Geologi PT Bumi Suksesindo (PT BSI) terus bertambah. Hingga hari ini, tercatat ada 85 orang yang dilibatkan dalam penelitian sampel batuan di Gunung Salakan, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Hari ini sudah hari ke-28 Survey Geologi, saat ini ada 85 orang yang ikut bekerja,” ucap Koordinator warga, Mujiyanto, Selasa (11/7/2023).

Bacaan Lainnya

Pria asal Dusun Pancer, Desa Sumberagung ini menyebutkan, awalnya jumlah warga yang dilibatkan dalam Survey Geologi sebanyak 25 orang. Memasuki hari ke-20, masyarakat yang turut bergabung terys bertambah menjadi 55 orang.

Menyesuaikan kebutuhan serta menjawab aspirasi, jumlah warga yang dilibatkan dalam Tim Survey Geologi anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk kian menggelembung. Yakni hingga hari ke-28, masyarakat yang ikut bekerja berada diangka 85 orang.

Dijelaskan, masyarakat yang bergabung dalam Tim Survey Geologi PT BSI di Gunung Salakan, berasal dari sekitar perusahaan. Khususnya wilayah ring satu Kecamatan Pesanggaran. Terutama warga Desa Sumberagung, yang merupakan tempat operasi tambang emas.

“Masyarakat sangat antusias dan senang bisa dilibatkan dalam project perusahaan. Mereka ada yang bertugas menjadi porter, pembuka jalan dan lainnya, mendampingi tim peneliti,” beber Moh, sapaan akrab Mujiyanto.

Andik, warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, mengaku senang bisa bergabung dalam Tim Survey Geologi PT BSI. Dia berharap keberadaan tambang emas Tujuh Bukit atau Tumpang Pitu, bisa terus memberi manfaat kepada masyarakat.

“Harapannya kami bisa terus dilibatkan,” ucapnya.

Dalam perjalanan investasi PT BSI di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, masyarakat berharap dukungan penuh seluruh elemen. Dengan begitu warga bisa hidup tenang, damai dan kesejahteraan terus meningkat dengan manfaat keberadaan perusahaan.

Seperti diketahui, operator tambang emas PT BSI terus mengkebut pelaksanaan Survey Geologi di Gunung Salakan. Dalam kegiatan ini, tim peneliti melakukan pengambilan sampel batuan. Survey Geologi ini merupakan tindak lanjut dari rencana eksplorasi. Sekaligus bentuk komitmen pengembangan investasi PT BSI di Banyuwangi.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012. Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di Deşa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait