Ketua DPD Dukung Perpanjangan Kerja Sama Pertanian Indonesia-Chile

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Sebagai negara agraris yang mengandalkan sektor pertanian sebagai produk unggulan, Indonesia membutuhkan pasar dunia untuk menjual hasil tani dan produk turunannya.

Karena itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung upaya perpanjangan kerja sama sektor pertanian atara Indonesia dengan Chile. Negara Amerika Latin itu memiliki peranan yang cukup penting di Amerika Selatan.

“Dengan kerja saling menguntungkan, Indonesia dapat mengembangkan ekspor pertanian ke Brasil dan negara Amerika Latin lainnya melalui Chile,” kata LaNyalla dalam keterangan pers yang diterima awak media, Kamis (10/6) malam.

Menurut Senator dari Dapil Provinsi Jawa Timur ini, peluang Indonesia dalam kerja sama itu adalah mengekspor buah-buahan khas tropikal. “Kita bisa memanfaatkan buah-buahan tropikal khas Indonesia, seperti nanas, anggur, manggis dan produk rempah-rempah. Pasar Chile sangat terbuka untuk komoditas ini, selain tentunya komoditas peternakan seperti daging sapi dan unggas,” kata dia.

Namun, LaNyalla mengingatkan agar aktivitas ekspor-impor dilakukan secara transparan kepada petani penghasil buah-buahan tropikal. “Ini dibutuhkan agar petani dapat mengembangkan jenis-jenis yang dibutuhkan
serta meningkatkan kuantitas dan kualitas,” kata dia.

Selain itu, sambung LaNyalla, petani harus merasakan harga yang pantas dari kegiatan ekspor buah tropikal. “Jika petani tak merasakan harga yang pantas, berarti upaya peningkatan kesejahteraan petani hanya akan menjadi mimpi semata,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

Pos terkait