Ketua DPD RI Minta Pemkab Dairi Perbaiki Akses Jalan Desa Terpencil

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memberikan perhatian terhadap buruknya akses jalan di Desa Sinar Pagi, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Karena itu, LaNyalla meminta Pemkab Dairi segera bertindak memperbaiki masalah tersebut. Menurut Senator Dapil Provinsi Jawa Timur tersebut, warga Sinar Pagi, Kecamatan Tanah Pinem, sudah sering mengeluhkan kondisi ini.

Sudah lama warga tak mendapat akses jalanan yang layak. “Padahal Desa Sinar Pagi sudah terbentuk sejak puluhan tahun lalu, tapi warga belum pernah memiliki akses jalan beraspal. Ini menjadi sebuah keprihatinan,” ujar LaNyalla di Jakarta pekan ini.

Akses jalan Desa Sinar Pagi masih berupa tanah. Kondisi itu diperburuk setelah badan berparit akibat tergerus air hujan. Akibatnya, kendaraan sulit melintas.

“Bahkan kendaraan roda dua susah melintasinya. Terpaksa warga harus berjalan kaki menembus hutan. Untuk mereka menuju pasar terdekat, butuh waktu berjam-jam karena tak ada akses jalan lainnya,” ucapnya.

Untuk mengangkut hasil pertanian seperti jagung, cabai, jahe dan durian, warga harus menggunakan kendaraan gardan dua. Masalahnya, kendaraan itu juga tidak bisa setiap hari melayani warga. Itu pun warga harus naik turun dari mobil akibat sulitnya medan.

“Kondisi seperti ini kan menyulitkan warga, termasuk sisi perekonomian mereka. Seharusnya Pemkab Dairi lebih memberikan perhatian. Jangan karena desa terpencil, warga Desa Sinar Pagi tidak tersentuh infrastruktur. Berikan pengabdian terbaik untuk rakyat,” kata LaNyalla.

Untuk itu, LaNyalla meminta Pemkab Dairi segera merespons harapan masyarakat membangun infrastruktur jalan yang layak. Dengan demikian kegiatan masyarakat menjadi lebih mudah dan aman, termasuk menjual hasil bumi ke pasar.

“Akses jalan yang layak juga mendukung sektor pendidikan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) karena dengan kondisi sekarang, anak-anak ikut merasakan dampaknya. Akses untuk ke sekolah menjadi terhambat,” tutur dia.

Dia meminta senator daerah pemilihan Sumatera Utara untuk mengawal aspirasi warga Desa Sinar Pagi. Senator diharapkan mendorong pemda setempat segera merealisasikan pembangunan akses jalan di desa tersebut.

“Saya juga berharap Pemprov Sumut memberikan perhatian khusus untuk warga yang tinggal di desa terpencil. Ini tampaknya persoalan kecil, tapi sangat berdampak signifikan bagi kesejahteraan warga,” emikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait