beritalima.com

Ketua KPU Sumenep Kukuhkan Relawan Demokrasi

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep Madura Jawa timur mengukuhkan sebanyak 50 demokrasi dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil bupati Sumenep 9 Desember 2020, bertempat di kantor KPU Sumenep jum’at (16/10/2020).

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua KPU Sumenep A. Warist, SH. didampingi Komisioner KPU lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sumenep A. Warist, SH menyampaikan, Program Relawan Demokrasi diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada akhirnya relawan demokrasi ini dapat menggerakan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab, “sehingga partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2020 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya”, urainya.

Program Relawan Demokrasi bertujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas proses pemilu
  2. Meningkatkan partisipasi pemilih
  3. Meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi
  4. Membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi

Menurut Warist, Relawan Demokrasi berjumlah 50 orang yang akan dibagi menjadi 5 (lima) segmen pemilih strategis yaitu: pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran.

“Karena pemilihan serentak kali ini, walaupun di tengah pandemi COVID-19 tetapi menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kami yakin pemilihan serentak tahun ini lebih berkualitas dengan adanya relawan demokrasi,” terang A. Warist, SH.
(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait