Ketua Majelis Pengasuh Minta Pada Alumni Mencantumkan Cabang PP Bahrul Ulum

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Bahrul Ulum ( PP IKABU) yang belum lama melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) IV, 24 – 26 Juni 2022 lalu di Auditorium Madrasah Mualimin Mualimat 6 Tahun Ponpes Bahrul Ulum, Jombang. Kini diadakan pelantikan PP IKABU periode 2022 – 2026 sekaligus melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dihadiri langsung oleh Bupati Jombang, Hj. Munjidah Wahab, Ketua Majelis Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum KH. Muhammad Hasib Wahab, Ketua Yayasan PPBU, dan segenap alumni ponpes bahrul ulum.

Ketua Majelis Pengasuh PPBU KH. M. Hasib Wahab menyatakan bahwa keluarga alumnin yang baru dilantik harus bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan cara alumni – alumni yang sudah punya pondok pesantren bisa diidentifikasi atay didata untuk mengetahui alumni mana yang sudah punya pesantren baik besar maupun masih menengah agar bisa diunggah (diinternet).

“Kita anjurkan agar supaya bisa mwndirikan Ponpes yang merupakan cabang Bahrul Ulum yang sifatnya secara organisatoris, misalnya seperti pondoknya Cak Anam di Ngawi atau siapa saja,” tandas Gus Hasib panggilan akrabnya, Minggu (7/8/2022) di Pendopo Kabupaten Jombang.

Ia menganjurkan alumni pondok pesantren bahrul ulum yang memiliki pondok pesantren agar dibawah dibawahnya masuk dalam kurung ditulis cabang Bahrul Ulum Tambak Beras 2 atau 3. Itu satu cara yang pertama kata Pengasuh Ponpes Chasbullah.

Kedua kata Hasib, yang masih baru mendirikan pondok pesantren yang dilahirkan oleh pengurus yayasan atau majelis membuka ponpes Bahrul Ulum di daerah.

“Seperti saya dihubungi oleh alumni asal Asahan Sumatera Utara yang juga kebetulan sekretaris NU di Sumut akan mendirikan Ponpes harua bisa dikembangkan sehingga kita punya lembaga di daerah daerah,” terangnya.

Yang ketiga menghadapi kegiatan ulang tahun Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang selama 2 abad. Sebentar lagi kata Ketua Dewan Majelis Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang akan menyongsong PPBU yang ke 200 tahun.

“Saya rasa partisipasi dari IKABU sangat diharapkan dan menjadi kebanggaan bila IKABU sudah memulai kegiatan – kegiatan dua abad ini tahun 2025 nanti,” tandasnya.

Dijelaskan Gus Hasib, PPBU berdiri sejak 1825 nanti tahun 2025 sudah 200 tahun usia Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Jawa Timur. “Jadi dilaksanakan setelah pemilihan legialatif dan Pilpres tahun 2024,” tuturnya.

Lebih lanjut ditegaskan Ketua Majelis Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum kepada keluarga alumni Bahrul Ulum sudah ada kegiatan untuk menyongsong dua abad PPBU Tambak Beras, harus mengadakan kegiatan seminar, webinar yang bersifat nasional termasuk nara sumbernya skala nasional juga.

“Kalau dilaksanakan tingkat lokal sudah sering sehingga bisa diketahui masyarakat dalam rangka menyongsong Harlah PPBU 2 abad,” jelasnya.

Seperti yang disampaikan Ketua IKABU yang baru saja dilantik, menyatakan alumni Bahrul Ulum terbilang luar biasa. Lanjut Gus, tidak saja mencatat pondok pesantren pondok pesantren yang didirikan para alumni akan tetapi diharapkan Gus Hasib agar bisa memberdayakan ekonomi yang pada gilirannya untuk pemberdayaan ekonomi umat.

“Kebetulan saya mendirikan Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pondok Pesantren (Hebitren) agar ada kemandirian pesantren baik dalam bidang ekonomi maupun bisnisnya,” pungkas Gus Hasib.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait