Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Sosialisasikan Pengurangan Sampah Plastik

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Madiun, Ny Penta Lianawati Ahmad Dawami, melakukan sosialisasi pengurangan sampah plastik di Pasar Baru Caruban, Selasa 17 Desember 2019.

Dalam kegiatan ini, rombongan juga membagikan tas kain sebagai pengganti pengurangan kantong plastik.

Penta mengatakan, semakin melimpahnya sampah plastik yang dihasilkan, akan mencemari lingkungan. Karena sampah plastik membutuhkan ratusan tahun terurai di tanah.

“Itu yang membuat kami turut prihatin dan mengadakan acara ini. Kami disini selain mesosialisasikan dampak sampah plastik, juga membagikan tas kain. Tujuannya agar semua masyarakat mulai sekarang pada waktu belanja dimana saja sudah tidak menggunakan tas kresek lagi’ Tapi menggunakan tas kain. Tas kain ini bisa digunakan berulangkali dan bisa dicuci bila kotor,” kata Ny Penta yang juga istri Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami.

Ia juga berharap, dengan penggunaan tas kain, masyarakat ikut berperan dalam upaya penyelamatan lingkungan.

“Sampah plastik ini sudah menjadi isu dunia, karena keberadaannya yang sangat membahayakan lingkungan. Diantaranya jika sampah plastik dibuang di sungai, maka akan menyebabkan bajir. Jika di tanah/sawah akan membunuh hewan pengurai. Padahal kita tahu cacing adalah hewan pengurai mengubah sampah organik menjadi kompos. Selain itu sampah plastik juga akan mengganggu terserapnya air didalam tanah. Apalagi jika sampah plastik ini dibakar, akan mencemari udara sekitar,” tuturnya.

Untuk diketahui, sosialisasi ini hasil kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Sekolah Adiwiyata, Putra Putri Lingkungan Hidup dan OPD terkait. (Dibyo).

Ny Penta Lianawati Ahmad Dawami (tengah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *