Kh Nawawi Maksum :Tak Elok Menyebarluaskan Hal Privasi, Belum Jelas Kebenarannya

  • Whatsapp
Kh Nawawi Maksum Pengasu Ponpes Nurut taqwa Bondowoso. (s Sumber.IG/berita lima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Belakangan sengaja diedarkan sebuah foto yang disebut-sebut sebagai ustaz salah lembaga di Kecamatan Jambesari DS Kabupaten Bondowoso. Foto-foto tersebut akhirnya viral setelah dimuat dalam sebuah berita salah satu media online, dan beberapa media sosial.

Saat dimintai tanggapan mengenai hal itu, tokoh agama sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Nurut Taqwa Kabupaten Bondowoso, KH Nawawi Maksum mengatakan, bahwa demikian itu adalah ranah privasi seorang.
Ia sendiri tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Apalagi baru sekedar desas desus.

“Kalau memang foto itu ada, kan kita tidak tahu, jangan-jangan memang sudah diakad sah secara agama,” kata dia.

Menurutnya, hal-hal seperti itu apalagi persoalan rumah tangga orang tidak elok jadi pembicaraan publik. Sebab hal itu akan memunculkan stigma negatif pada tokoh agama yang lain.

“Sekarang kan lagi ramai soal tokoh agama. Jangan diperparah lagi, apalagi belum pasti kebenarannya,” imbaunya.

Sebaiknya kata dia, jika memang hal seperti itu ada, bisa dijadikan pembelajaran agar lebih mawas diri.

“Saya, jenengan dan beliau pun ini adalah manusia biasa. Tak luput dari banyak kekurangan. Kita semua ini adalah pendosa, banyak aib yang kebetulan saja Allah masih menutupi dosa-dosa dan aib-aib kita,” kata dia.

Menurutnya, ketika Allah mau membuka aib masing-masing, maka pasti terbuka semua baik dengan sengaja ataupun tidak.

“Tugas kita adalah berusaha saling menutupi kekurangan saudara-saudara kita. Selagi tak merugikan negara dan menyalahi agama. Kalau kita mampu menutupi kekurangan orang lain insyaallah akan ditutupi juga sifat-sifat kekurangan kita oleh Allah SWT,” paparnya.

Pihaknya menegaskan, bahwa pihaknya tetap menggunakan praduga tak bersalah. Tidak berburuk sangka terlebih dahulu.

“Sebab takutnya yang berfoto sama yang bersangkutan adalah istrinya yang sah secara agama. Sebab dalam agama kan tidak masalah seorang lelaki beristri sampai 4,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait