Kirim Tanaman Maupun Hewan, Cukup Ngurus di Jember

  • Whatsapp
Bupati Hendy saat menghadiri peresmian karantina pertanian (beritalima.com/istimewa)
Bupati Hendy saat menghadiri peresmian karantina pertanian (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Bagi masyarakat yang akan mengirim tanaman maupun hewan, cukup hanya mengurus di Jember.

Mulai hari ini, Selasa (14/3/2023) Kabupaten Jember telah memiliki pelayanan karantina pertanian di Kantor Pos Indonesia Cabang Utama Jember.

Bacaan Lainnya

Pelayanan ini, telah diresmikan oleh Bupati Jember H. Hendy Siswanto di halaman kantornya. Dengan adanya pelayanan karantina ini, pengiriman akan semakin mudah.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto menyampaikan, sebagaimana diketahui bersama Jember merupakan salah satu daerah yang mempunyai potensi bidang pertanian yang cukup tinggi.

Bahkan juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan ketahanan pangan terbaik.

“Ini seperti gayung bersambut, tentu saja memerlukan sarana pendukung, salah satunya ialah layanan karantina pertanian,” kata Bupati.

Untuk memudahkan petani, Bupati juga berencana akan membangun pabrik pupuk organik saat ini, untuk memperkuat sektor pertanian lokalnya.

Hendy merasa yakin, dengan adanya pabrik pupuk organik milik Pemerintah Kabupaten Jember, maka kebutuhan akan pupuk akan terakomodir dengan baik, dan swasembada pangan akan terwujud.

“Karantina pertanian resmi beroperasi mulai hari ini. Selanjutnya kami akan membangun pelabuhan, mohon doa dan dukungannya agar segera terwujud,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih mengatakan, sertifikasi karantina pertanian menjadi syarat pengiriman komoditas tanaman maupun hewan, dengan wilayah pengiriman di dalam negeri maupun luar negeri.

“Sertifikasi karantina pertanian ini, bertugas untuk mencegah masuk keluarnya dan tersebarnya organisme pengganggu tumbuhan karantina, dan hama pengganggu hewan karantina,” ujarnya.

Cicik menambahkan, pelayanan karantina pertanian di Kantor Pos Indonesia Cabang Utama Jember ini merupakan tindak lanjut intruksi Menteri Pertanian.

“Yang mana menyatakan, Kantor Pos Jember merupakan salah satu titik masuk keluarnya organisme pengganggu tumbuhan, dan hama pengganggu hewan,” imbuhnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait