KLHK dan FAO Jajaki Kerja Sama Baru untuk Perkuat Pengendalian Perubahan Iklim Sektor Kehutanan dan Lahan

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menerima Stephen Rudgard dari Food and Agriculture Organization (FAO) Representative, di ruang kerjanya, Senin (4/11/2019). Pertemuan itu membahas rencana tindak lanjut kerja sama yang telah dan sedang dilaksanakan, serta kerja sama baru.

Stephen Rudgard mengucapkan Selamat kepada Ibu Siti Nurbaya, dipercaya kembali menjabat Menteri LHK pada Kabinet Indonesia Maju. Lanjutnya, Stephen menanyakan langkah-langkah yang akan dilaksanakan Menteri pada periode 2019-2024. Menteri Siti menjawab pertanyaan Stephen, sesuai penekanan Presiden RI Joko Widodo saat terpilih menjadi Menteri LHK di periode II yaitu urusan industri hijau, hutan sosial, carbon trading, serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Kerjasama baru antara FAO dengan KLHK berjudul Strengthening Indonesian Forest and Land Monitoring for Climate Actions. Rancangan proyek ini bertujuan untuk memungkinkan Indonesia meningkatkan pengelolaan hutan dan lahan, serta mengatalisasi aksi mitigasi perubahan iklim, sebagai kontribusi signifikan terhadap komitmen global untuk menahan peningkatan suhu rata-rata global hingga di bawah 2 derajat Celcius.

Proyek kerja sama baru ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas teknis dan koordinasi kelembagaan untuk National Forest Inventory (NFI) dan National Forest Monitoring System (NFMS). Proyek ini juga akan merancang ulang kedua sistem di atas agar berkelanjutan, dan sesuai dengan tujuan yang akan lebih memenuhi kebutuhan pengambilan keputusan.

KLHK dan FAO sebelumnya juga telah melakukan berbagai kerjasama, diantaranya adalah kolaborasi terkait peningkatan tata kelola hutan dan implementasi legalitas kayu dalam Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). KLHK dan FAO telah menandatangani perjanjian kerjasama FAO-EU Forest Law Enforcement, Governance, and Trade (FLEGT) Programme pada 24 Mei 2018. Perjanjian tersebut memberikan dukungan bagi inisiatif-inisiatif oleh lembaga pemerintah, sektor swasta, LSM dan para pihak lainnya dalam rangka penguatan implementasi SVLK dan Perjanjian FLEGT VPA antara Indonesia dan Uni Eropa, termasuk untuk usaha kecil dan menengah.

Turut mendampingi Menteri LHK saat menerima FAO Representative, Direktur Jenderal PPI, Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Direktur Jenderal KSDAE, Kepala Biro KLN, Kepala Biro Humas KLHK dan Adam Gerrand, Forestry Officer FAO. ddm

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *