Kodim 0116/ Gelar Gladi Posko Penanggulangan Bencana Alam

  • Whatsapp

ACEH,Beritalima.com- Kodim 0116/Nagan Raya mengelar Latihan Geladi Posko Penanggulangan Bencana Alam TA.2016 dalam rangka operasi bantuan kepada Pemerintah daerah selain perang (OMSP/operasi militer selain perang) dengan mengangkat tema “Kodim 0116/Nagan Raya melaksanakan Operasi Perbantuan Kepada Pemerintah Daerah Di wilayah Tanggung Jawab Teritorialnya Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam,” bertempat di Aula Makodim 0116/Nara. Selasa, (31/5/16).

Latihan Galdi Posko untuk menguji dan meningkatkan fungsi Komando dan Staf dalam melaksanakan operasional komando pengendalian dan prosedur hubungan komando dan staf tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 31 Mei s.d 02 Juni 2016 dengan melibatkan 45 personel yang terdiri dari 25 orang pelaku personel Kodim 0116/Nara dan 20 orang personel Korem 012/TU sebagai Tim Penilai/Pengawas dan pendukung.

Latihan bertujuan untuk melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi di Kabupaten Nagan Raya seperti bencana banjir maupun longsor. Kegiatan Latihan Gladi Posko I secara resmi dibuka oleh Kasrem 012/TU Letkol Inf Puguh Suwito selaku Wadanlat Gladi Posko.

Kasrem menyampaikan, “Geladi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para peserta, terutama dalam melaksanakan Komando pengendalian operasional (Kodalops) sesuai dengan prosedur hubungan komando dan staf dalam Operasi bantuan kepada Pemda dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP),”.

Senada dengan penyampaian Kasrem, Dandim 0116/Nagan Raya menambahkan bahwa Gladi Posko tingkat Kodim merupakan salah satu metoda latihan taktis tanpa pasukan untuk meningkatkan kemampuan komandan dan staf nya sebagai unsur pimpinan dan pembantu pimpinan yang berperan dalam merencanakan operasi, serta menerapkan taktik dan teknik operasi, melaksanakan kodal operasi serta menerapkan prosedur dan tata cara kerja yang berlaku di suatu satuan.

Letkol Arm Erland Hendriatna menambahkan segala kekurangan yang dijumpai dalam latihan ini agar segera diperbaiki dan disempurnakan sehingga jika terjadi bencana akan bisa ditangani secara cepat, tepat dan maksimal.

“Pelajaran yang dikembangkan dalam latihan ini ada 6 yaitu analisis tugas pokok, petunjuk perencanaan, perkiraan keadaan, keputusan dan konsep umum operasi, rencana operasi dan perkiraan cepat,”pungkas Dandim.

Selain melibatkan personel Kodim 0116/Nara, kegiatan ini juga melibatkan unsur terkait meliputi, Dinas BPBD Nara, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas BMKG, Ormas dan masyarakat,’’(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *