Komite I DPD RI: Pembentukan Propinsi Cirebon Sangat Memungkinkan Terwujud

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Wacana pemekaran Provinsi Cirebon kembali mencuat. Dan, wacana pembentukan itu sangat memungkinkan terwujud. Bahkan Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi mendukung Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam memperjuangkan pemekaran Propinsi Cirebon.

Fachrul Razi dalam keterangan tertulis kepada awak media mengatakan, pemekaran Provinsi Cirebon sangat memungkinkan terwujud. “Dari dulu kita sudah mendukung, bahkan Komite I DPD RI telah melakukan pertemuan dengan beberapa pihak,” tegas Fachrul, senator dari Dapil Provinsi Aceh Darussalam tersebut, Jumat (23/4).

“Pemekaran Provinsi Cirebon ini sangat memungkinkan terwujud. Namun, untuk itu perlu ada upaya apresiasi terhadap pihak-pihak yang telah menggaungkan pembentukan Provinsi Cirebon,” ungkap Ketua Komite I yang juga koordinator DPD RI Tim Kerja Daerah Otonomi Baru (Timja DOB).

Diberitakan sebelumnya, ada desakan pemekaran provinsi baru di Jawa Barat, yakni pembentukan Provinsi Cirebon. Sebab, wilayah itu sangat luas dengan jumlah penduduk 2020 mendekati 50 juta jiwa.

Di Indonesia, khusunya di pulau Jawa, suku Sunda dan provinsi Jawa Barat ini penduduknya termasuk yang sangat banyak dan suku terbesar kedua di setelah suku Jawa. “Wajar saja daerah di Jawa Barat ini termasuk dalam daftar yang ada di DPD RI untuk diperjuangkan dalam pembentukan DOB,” jelas Fachrul.

Secara umum di Jawa Barat selain suku Sunda, juga ada suku Cirebon yang berada di perbatasan dengan Jawa Tengah. “Sah sah saja mereka menginginkan propinsi Cirebon, dan kamin akan terus perjuangkan di Komite I DPD RI,” tutup Fachrul Razi (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait