Komitmen Berikan Manfaat, IKARHOLAZ Umrohkan Mantan Guru

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Komitmen untuk memberikan manfaat dalam berorganisasi dibuktikan Ikatan Alumni SMPN 12 Surabaya (IKARHOLAZ) di acara halal bihalal pada Minggu (14/5/2023) lalu di Gedung Auditorium PENS, Jalan Raya ITS, Sukolilo, Surabaya.

Acara yang diikuti dengan gelaran bazar UMKM IKARHOLAZ ini dihadiri tidak kurang dari 400 alumni, guru aktif dan guru purna SMPN 12 Surabaya, termasuk Dr H Rasiyo MSi, mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur.

Selain ada pemberian hadiah umroh kepada mantan guru mereka, dalam acara halal bihalal ini juga disertai penyerahan simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada pelaku UMKM alumni SMPN 12 Surabaya.

Ketua Panitia Halal Bihalal IKARHOLAZ, Syaiful Huda, mengatakan, acara halal bihalal ini bertujuan untuk mengokohkan hubungan silaturahmi, memperkuat rasa kebersamaan, dan meningkatkan kualitas organisasi IKARHOLAZ.

“Acara ini menjadi momen berharga bagi para alumni, guru aktif dan guru purna SMP Negeri 12 Surabaya untuk berkumpul, bertukar pengalaman, dan mempererat hubungan yang telah terjalin selama ini,” kata Syaiful.

Ditambahkan, acara ini merupakan hasil kerja keras semua anggota panitia. “Kami berusaha menyelenggarakan acara ini dengan baik agar dapat mempererat hubungan antara seluruh keluarga besar IKARHOLAZ,” tandasnya.

Disebutkan pula, acara ini didukung sponsor dan donatur dari para alumni SMPN 12 Surabaya, yaitu Auliya Catering, Pranaloka, Riris Dental Health Care, Rumah Kopi Nusantara, Coffee 3Enak, Smile Island, drg Nana Indaryanti, Salon Christal, dan Reny Swalayanku.

Ketua Umum IKARHOLAZ, Zainal Arief mengatakan, IKARHOLAZ akan terus berupaya memberikan manfaat yang lebih baik kepada anggota dan masyarakat. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan manfaat organisasi, dalam acara ini diberikan kesempatan kepada para alumni untuk memamerkan dan menjual produk UMKM mereka, yang juga sebagai sarana untuk membangun jaringan dan kerjasama antar alumni dalam dunia bisnis.

Dalam acara ini, dilakukan pula penyerahan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan UMKM alumni, dengan harapan seluruh UMKM alumni yang jumlahnya puluhan UMKM nantinya terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. Untuk hal ini, IKARHOLAZ telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa.

Sebagaimana disampaikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, Adventus Edison Souhuwat, UMKM atau pekerja mandiri yang lain juga berhak mendapatkan perlindungan minimal 2 program BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Dengan mengikuti dua program BPJS Ketenagakerjaan, jika pekerja mengalami kecelakaan, seluruh biaya perawatan medis ditanggung penuh hingga sembuh oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jika kecelakaan itu mengakibatkan pekerja meninggal dunia, keluarganya diberikan santunan sebesar 48 kali upah, dan beasiswa 2 anak dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi sebesar maksimal Rp174 juta. Jika meninggal bukan karena kecelakaan kerja, santunan untuk ahli warisnya Rp42 juta.

Selanjutnya, dalam acara Halal Bihalal ini, anggota IKARHOLAZ Yuliani juga memberikan hadiah umroh kepada Sholaziti Sumarmi, pensiunan guru SMPN 12 Surabaya. Sambil berkaca-kaca, mantan guru Bahasa Indonesia ini mengaku bersyukur, karena tidak menyangka mendapat kesempatan ke Tanah Suci.

Zainal juga menyampaikan, selain apa yang telah dilakukan, IKARHOLAZ pun telah memiliki rencana untuk membentuk Dana Abadi IKARHOLAZ guna mendukung berbagai inisiatif yang bermanfaat dan berkelanjutan seperti penyediaan beasiswa bagi siswa berprestasi dari kalangan tidak mampu, untuk program sosial kemasyarakatan, mebantu modal usaha kepada alumni, dan mendukung program pendidikan di SMPN 12 Surabaya. (Gan)

Teks Foto: Sholaziti Sumarmi, mantan guru SMPN 12 Surabaya (tengah), saat menerima hadiah umroh dari alumni di acara Halal Bihalal IKARHOLAZ.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait