Komunitas Musik dan PHRI Beri Sumbangan Di Posko Peduli Bencana Kahutlha TWA Kawah Ijen

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Sejumlah elemen masyarakat antusias memberikan bantuan Sembako, nasi kotak, air mineral, kopi dan teh di posko peduli bencana kebakaran TWA Kawah Ijen yang berada di rest area Tamansari depan Posramil Licin.

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat kepada petugas Gabungan yaitu, TNI, Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Polhut, BKSDA dan relawan yang selama ini telah bersama sama memadamkan api di kawasan TWA Kawah Ijen.

“Kami sangat respek dan terharu melihat kerja keras para petugas dan relawan dalam memadamkan api akibat kebakaran hutan di TWA Kawah Ijen,” kata Awan selaku koordinator komunitas musisi dan artis Banyuwangi, Minggu (27/10).

Awan juga menyampaikan jika dirinya bersama sama teman musisi dan artis Banyuwangi sempat berencana mengelar konser amal untuk membantu meringankan beban para petugas dan relawan yang sudah beberapa hari memadamkan api, namun karena waktu yang mendadak dan tempat juga digunakan oleh komunitas lain, akhirnya acara tersebut di cancel dan memilih langsung mengumpulkan dana secara sukarela.

“Rencana kita adakan konser amal, tapi waktu dan tempat bersamaan dengan komunitas lain, jadi kita cancel dan kita urunan seadanya untuk membantu petugas dan relawan,” kata Awan.

Awan mewakili semua teman musisi dan artis Banyuwangi menyampaikan permohonan maaf jika bantuan tersebut tidak bisa maksimal, namun Awan berharap bantuan sembako berupa air mineral, mie instan dan kopi dapat diterima dan dimanfaatkan untuk petugas dan relawan yang telah berjuang memadamkan api.

“Kami mohon maaf hanya ini yang mampu kami berikan,” kata Awan.

Sementara itu komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, yang juga selaku ketua Satgas bencana kebakaran hutan TWA Kawah Ijen sangat terharu adanya dukungan dari masyarakat baik berupa tenaga, pikiran dan logistik.

Menurutnya, tanpa dukungan dari masyarakat imposible pemadaman api kebakaran hutan di TWA Kawah Ijen dapat dilakukan. Apalagi medan yang berat menyulitkan para petugas dan relawan untuk memadamkan api.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu baik tenaga pikiran dan logistik makanan mulai nasi kotak, Mie instan, air mineral, kopi, dan lain lain, bantuan apapun dari masyarakat sangat bermanfaat bagi kami petugas dan relawan,” kata Yuli.

Yuli juga mengatakan jika saat ini bantuan Hellikopter Water Bombing dari BNPB telah datang dan melakukan penyemprotan air melalui udara.

“Mudah mudahan api segera dapat dipadamkan dan TWA Kawah Ijen dapat dibuka kembali bagi wisatawan karena Ijen adalah icon Banyuwangi yang sudah terkenal di manca negara,” kata Yuli

Seperti diketahui, sebelumnya bantuan logistik makanan disuplai oleh perkumpulan hotel hotel di Banyuwangi, serta sejumlah media karena Pemkab Banyuwangi belum memberikan bantuan logistik makanan bagi para petygas dan relawan yang memadamkan api, dan setelan dibuka posko peduli, masyarakat dan pengusaha setelah berbondong bondong memberikan suport logistik bagi para petugas dan relawan.

(Bi)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *