Kontingen Aceh Terancam Gagal Ikut Parade Tari Nusantara

  • Whatsapp

BIREUEN,Beritalima- Sanggar seni Juang Art Community (JAC) yang berkedudukan di Kabupaten Bireuen telah mempersiapkan 30 remaja aceh penggiat seni budaya untuk ikut kegiatan nasional bertajuk “Parade Tari Nusantara 2017” pada 18-19 2017 mendatang di TMII Jakarta, Kepercayaan ini didapat setelah perkumpulan seniman Aceh tersebut menoreh beragam prestasi daerah & Nasional.

Kordinator Sanggar, Evan Renaldy S.Pd menyampaikan “Kami sudah melakukan penjaringan, pelatihan pra kegiatan, serta telah memberikan kesiapan fisik dan mental dan basic kepada peserta, dan sudah ikuti technical meeting serta mendapat nomor undian 33 sebagai perwakilan Aceh dari 34 Provinsi Se indonesia, namun kami memiliki kendala dalam hal biaya perjalanan dari Aceh ke Jakarta, sementara akomodasi selama kegiatan disana akan difasilitasi penyelenggara,” kata Evan  Jum’at 4 Agustus 2017.

Sebelumnya Evan mengaku, selama persiapan di daerah segala kebutuhan logistik dan operasional kegiatan dibiayai secara swadaya oleh masing-masing anggota perkumpulan seniman Juang Art Community, oleh karena untuk biaya perjalanan dari Aceh ke Jakarta dirasa kurang mampu, pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan atas kendala yang di alami kepada Pemerintah dan Dinas terkait di Provinsi Aceh dan Kabupaten Bireuen, agar sudi kiranya membantu perjalanan kreativitas remaja aceh peminat seni budaya dalam mempertahankan dan mempromosikan budaya Aceh ke event bergengsi itu.

“Sejak beberap bulan lalu, kami ajukan permohonan bantuan namun hingga beberapa hari lagi jelang keberangkatan, belum ada bantuan untuk perjalanan dari pemerintah di kabupaten Bireuen maupun provinsi Aceh, menurut Pemerintah tidak ada anggaran untuk kegiatan ini, kami juga pernah konsultasi ke DPRK Bireuen, yang membidangi pendidikan,budaya dan pariwisata, katanya akan dikonsultasikan kemudian ke Pemerintah. Namun begitu kami masih berharap ada solusi dari berbagai pihak untuk bisa memberangkatkan Budaya Aceh ke panggung Parade Nusantara 2017 ini,” ujar Evan.

Ditambahakan Evan “Parade Tari Nusantara merupakan ajang pertemuan akbar 1 tahun sekali, yang mempertemukan seniman & budayawan se-Indonesia untuk mempromosikan ke khusussan daerahnya.

“Dalam pegelaran seni tingkat nasional di Jakarta, Kontingen Aceh yang sudah kami siapkan akan menampilkan tari kreasi baru “Piasan Meublang”, mengisahkan budaya bertani leluhur aceh dimasa lalu yang perlu dilestarikan generasi sebagai promosi uniknya Aceh kepada dunia,” Tutup Evan Renaldi S.Pd, seniman Aceh yang pernah mengharumkan budaya Indonesia ke pentas International serta guru seni budaya di salah satu sekolah swasta ternama di Aceh. (Aa79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *