Koperasi Akar Rumput Kembali Adakan Pelatihan

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Komunitas Mari Berdagang yang tergabung dalam Koperasi Akar Rumput kembali mengadakan pelatihan bagi para pengusaha tingkat UKM, Kamis (20/12/2018) di Waroeng Tajammu, di bilangan Perumahan Pondok Kopi Indah, Jakarta Timur. Pelatihan yang kali ketiga ini dihadiri peserta yang berbeda dari pelatihan yang pertama dan kedua.

Pelatihan yang dimotori Wulan, panggilan akrab dari Wulan Yanuk Muklis, pejuang UKM, terus memberi kontribusi kepada pengusaha kelas UKM, baik yang belum memiliki brand maupun yang belum memiliki legalitas dalam usahanya.

Pelatihan yang dibagi menjadi dua sesi itu, pertama mengenai Kelas Digital Marketing Gratis. Sesi kedua, Sosialisasi
Rumah Pangan Kita (RPK) & Pinjaman buat modal. Dan sesi ketiga foto produk bersama model, selanjutnya peserta diklat UKM, peserta diharuskan membawa contoh produknya sendiri.

Selain dihadiri model, diklat tersebut dihadiri pula Sri Mulyono, General Manager Berkah Kelola Dana (BKDana) dan bantuan modal tanpa agunan. Lanjutnya, Jarot Wibisono Ketua Umum IKUBI, dan dari RPK Bulog dan Pinjam.co.id. Lebih lanjut dikatakan Jarot, dalam berusaha pertama harus mengetahui produknya seperti apa, kedua harus ada dukungan moril dari keluarga dan mendapatkan bekal teknologi digital berupa website sendiri dan dapat menjual secara online.

“Ketiga, harus memiliki standarisasi produk yang legal dan harus memperhatikan agar usahanya supaya bisa eksis. Keempat, belajar market melalui digital karena sekarang ini serba digital jangan sampai kembali lagi ke nol. Kelima, regenerasj setelah usahanya maju dapat diturunkan kepada anak-anaknya,” ujar Jarot dihadapan undangan yang hadir baik dalam ruangan maupun di luar ruangan.

“Forum ini adalah untuk memperkenalkan satu sama lain dan jangan menganggap bahwa forum ini sebagai saingan melainkan sebagai forum agar bisa tersalurkan,” imbuhnya. dedy mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *