Tingkatkan Sinergi, BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak Ajak Outbond PLKK

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Asyiknya bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan kiranya telah dirasakan para mitra. Dalam membangun kerjasama layanan yang baik, BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya menjejali dengan sosialisasi saja, tapi juga menyelingi dengan acara-acara yang menyenangkan, tidak membosankan.

Kamis (20/12/2018), BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak mengajak gathering 70 wakil dari 62 Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) se-Surabaya di Hotel Singgasana Surabaya. Yang menarik dan menyenangkan, gathering ini digelar dengan bentuk fun games di taman, di samping pembagian souvenir menarik dan dorprize.

Acara ini dihadiri Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur, Dodo Suharto, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak, Deni Suwardani, Kabid Pelayanan Anita Ardhiana, dan Kabid Umum & SDM Rosalina Wieke.

Dalam sambutan pembukaan, Dodo Suharto mengatakan, sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini, dengan harapan supaya hubungan kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan PLKK bisa semakin akrab.

Menurutnya, jika hubungan sudah terbangun dengan baik, kerjasama dalam layanan pada peserta yang mengalami kecelakaan kerja akan terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

Layanan yang tepat dan baik, lanjut Dodo, diharapkan bisa mendongkrak kepesertaan. Pekerja yang belum menjadi peserta akan tertarik menjadi peserta.

Dikemukakan, hingga saat ini masih banyak pekerja di Jatim yang belum menjadi peserta. Dari 20,44 juta pekerja, yang terdaftar menjadi peserta baru 3,1 juta. “Kita ingin semua pekerja terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Deni Suwardani. Kegiatan ini diadakan, di samping sebagai bentuk apresiasi pada para PLKK yang selama ini sudah membantu pelayanan dengan baik pada peserta yang mengalami kecelakaan kerja, juga untuk meningkatkan sinergitas supaya kedepan lebih baik lagi.

Deni juga mengatakan, sampai saat ini jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak sudah mencapai lebih dari yang ditargetkan tahun ini.

Untuk kepesertaan telah mencapai 78.300 tenaga kerja aktif, sementara target tahun ini 78.000 tenaga kerja. Demikian pula untuk kepesertaan perusahaan, sudah mencapai sebanyak 2.600 perusahaan aktif, sedangkan targetnya 2.515 perusahaan.

Dan yang menggembirakan adalah capaian kepesertaan sektor Bukan Penerima Upah (BPU), yakni sebesar 30.200 tenaga kerja, jauh di atas target yang ditetapkan sebanyak 10.700 tenaga kerja. Capaian kepesertaan sektor BPU tersebut, kata Deni, 50%-nya adalah Driver Go-Jek Surabaya.

Capaian angka kepesertaan itu juga tak lepas dari layanan terbaik BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak, di antaranya kecepatan dalam membayar klaim.

Sampai November 2018 BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak telah membayar 776 klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) senilai Rp11,3 miliar, 5.546 klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar
Rp70,4 miliar, 150 klaim Jaminan Kematian (JKM) sejumlah Rp3,8 miliar, dan 716 Jaminan Pensiun (JP) kisaran Rp830 juta.

“Harapan kami tahun depan peningkatan kepesertaan semakin banyak, seiring dengan peningkatan layanan yang terus kami lakukan,” pungkas Deni. (Ganefo)

Teks Foto: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak bersama para wakil dari 62 PLKK se-Surabaya sebelum fun games dalam gathering di Hotel Singgasana Surabaya, Kamis (20/12/2018).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *