Kopsyah BMT Pahlawan Gelar Rapat Anggota Tahunan

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Kopsyah BMT Pahlawan Kabupaten Tulungagung, melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan Buka Bersama, di Kantor pusat Jalan Ki Mangunsarkoro, No.104, Beji, Tulungagung. Jum’at, ( 5/4/2024) malam.

RAT rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menyambung tali silaturahmi dengan anggota, melihat perkembangan dan peningkatan Kopsyah BMT Pahlawan serta kritik dan saran dari seluruh perwakilan kelompok.

Ketua Kopsyah BMT Pahlawan Tulungagung, Dr. H. Laitupa Abdul Mutalib, Sp, PD, mengatakan, hari ini acara intinya adalah RAT dan buka bersama anggota. Kopsyah BMT Pahlawan memiliki anggota sekitar 12 ribu baik yang aktif maupun pasif, namun yang diundang hanya perwakilan kelompok sekitar 60 orang.

“Alhamdulillah semua acara berjalan dengan lancar dan melaporkan perkembangan selama 1 tahun ini, serta merencanakan untuk tahun 2024. Semua indikator-indikator meningkat, seperti pembiayaan naik hampir 12 %, penyimpanan naik 10% dan SHU juga naik dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Laitupa usaha buka bersama.

Menurutnya, Kopsyah BMT Pahlawan Tulungagung menggunakan sistem tertutup yang diperuntukkan bagi anggota sendiri. Artinya, semua yang mau ambil pinjaman harus menjadi anggota dulu, setelah menjadi anggota bisa simpan pinjam. Kalau sistem terbuka pengawasannya bukan Dinas Koperasi melainkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Karena berbasis syariah, bagi hasil untuk anggota tergantung usahanya dia, masing-masing usaha mempunyai berbagai faktor, faktor itu harus diperhatikan untuk menentukan misbah bagi hasil,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan berpindahnya Kantor pusat BMT Pahlawan, aktifitas menjadi lancar bagi anggota baik itu penyimpan maupun pembiayaan, komunikasi bisa lebih leluasa dengan tempat yang besar dan nyaman.

“Aktifitas anggota bisa lebih tinggi lagi, karena hidup matinya koperasi itu tergantung dari aktifitas anggota, jika anggota tidak aktif ya bubar meskipun pengurusnya pinter dan hebat kalau partisipasi anggota kurang tidak ada hasil,” tambahnya.

Di tempat yang sama, General Manager Koperasi Syariah BMT Pahlawan, H. Nyadin MAP, menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan rapat anggota tahunan, jadi memang BMT Pahlawan dibangun dari anggota, dikelola, dijalankan oleh anggota dan untuk anggota, termasuk Sisa Hasil Usaha (SHU) hari ini dibagikan kepada anggota berdasarkan rapat persetujuan anggota.

“Alhamdulillah RAT hari ini adalah pertanggungjawaban tahun 2023 dan hasilnya cukup memuaskan dalam segala aspek. Mulai aset, omset, modal dan laba mengalami kenaikan dibanding tahun lalu,” ungkapnya.

Lanjut Nyadin, Kopsyah BMT Pahlawan sekarang sudah mulai berkembang dan memiliki empat cabang, yakni Bandung, Notorejo, Gondang dan terakhir di Pasar Ngemplak yang dulunya Tahun 2023 menjadi kantor pusat sekarang menjadi kantor kas. Kantor pusat pada bulan Maret kemarin.

“BMT Pahlawan sendiri punya slogan untuk “wong cilik” dan membantu mereka yang kurang beruntung melalui sebagian hasil yang dikumpulkan dan anggota yang membayar iuran Zakat, Infaq dan Shodaqoh. Kita kumpulkan sedikit-sedikit, akhirnya bisa membantu mereka,” lanjutnya

“Contohnya, bedah rumah yang kemarin sudah dilaksanakan membangun rumah warga Kepatihan yang dirasa belum layak huni dan itu yang disebut bantu wong cilik,” imbuhnya.

Sementara itu, Ahmad Jadi, salah satu anggota menuturkan, apa yang disampaikan baik itu Manajer kepada pengurus, pengurus kepada anggota dan pengawas secara manajemen sangat terbuka dan semua bisa dipertanggungjawabkan.

Perkembangan dari tahun ke tahun semakin bertambah, mengingat situasi koperasi-koperasi seperti ini, khususnya BMT Pahlawan perkembangannya cukup meyakinkan.

“Kami berharap, Manajer harus pandai-pandai mencari terobosan untuk pertumbuhan ekonomi syariah, sehingga anggota merasa bangga dan senang. Betul-betul mewujudkan BMT Pahlawan koperasi syariah milik kita bersama,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com

Pos terkait